Return to site

Penggunaan CRM Untuk Membentuk Hubungan Dengan Pelanggan

· Business Blog

Sales dan marketing adalah tulang nyawa dari segala macam bisnis. Dari dua departemen inilah perusahaan memberikan arahan dan mendidik konsumen untuk memahami tentang produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Setiap perusahaan yang berkembang dengan tim sales dan marketing yang kuat dapat dengan mudah mendapatkan pelanggan.

Anda mungkin memiliki banyak titik kontak dan saluran untuk berinteraksi dengan prospek Anda. Oleh karena itu, bukanlah tugas yang mudah untuk mengelola semua pelanggan dengan permintaan mereka. Di sinilah CRM berperan bagi tim sales dan marketing. CRM membantu bisnis mempertahankan efisiensi penjualan dan hubungan pelanggan mereka. Pada artikel ini, kami akan membahas kapabilitas Software CRM dan memanfaatkan sistem CRM untuk bisnis Anda.

1. Peningkatan Komunikasi

Dengan adanya CRM, Anda dapat memberikan layanan terbaik dan berkualitas kepada pelanggan Anda. Anda juga dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara real-time. Beberapa opsi komunikasi real-time CRM adalah - chatbots, sesi live chat dengan perwakilan sales dan melakukan panggilan telepon dengan prospek. Selain itu, Anda dapat memantau semua interaksi ini ke dalam sistem terpusat. Jadi, jika Anda mengubah titik kontak dengan klien Anda, karyawan baru dapat melihat riwayat aktivitas dan memahami pelanggan dengan lebih baik.

2. Koordinasi Tim yang Lebih Baik

Dalam sebuah tim, yang bekerja sebagai satu kesatuan pasti akan bekerja lebih efektif. Dengan penyimpanan cloud dan antarmuka yang praktis, Anda selalu dapat memiliki informasi yang Anda inginkan. Tetapi informasi hanya tersedia untuk para kolaborator. Artinya - setiap orang yang tidak berwenang tidak dapat mengakses data CRM.

3. Integrasi

Anda mungkin menggunakan beberapa perangkat lunak untuk beberapa bagian dari bisnis Anda.  Anda dapat menyederhanakan tugas ini untuk sales representatif. Dengan mengintegrasikan CRM, Anda dapat dengan mudah dalam menindaklanjuti prospek maupun proses penjualan yang sedang berlangsung.

4. Hubungan dengan pelanggan yang lebih baik

Studi MuleSoft menunjukkan bahwa 72% konsumen global akan mempertimbangkan untuk mengganti penyedia layanan karena pengalaman yang kurang memuaskan yang diberikan oleh perusahaan. Oleh karena itu, sales representatif perlu mengenal pelanggan dengan baik agar mereka tetap puas. Hubungan pelanggan yang lebih baik adalah inti dari penggunaan CRM. Anda harus bisa menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli dan bisa melayani mereka. Perangkat lunak CRM akan membantu Anda membentuk hubungan dengan pelanggan.