Return to site

Penggunaan Tools Untuk Memudahkan Marketer Dalam Melakukan Pemasaran

· Software

Perlu diingat oleh perusahaan dan marketer, baik yang sudah berpengalaman maupun yang masih pemula, bahwa saat ini Anda berada di era otomatisasi. Dan itu mengubah cara perusahaan menjangkau dan berhubungan dengan pelanggan. Otomatisasi pemasaran membantu mendatangkan pelanggan baru, memelihara dan melibatkan mereka, dan membuat mereka melakukan pembelian ulang. Otomatisasi menghemat waktu Anda dan membantu merampingkan dan meningkatkan kualitas perjalanan pelanggan. Jika Anda tidak mendapatkan hasil yang Anda inginkan dari upaya pemasaran Anda, inilah saatnya untuk pendekatan baru yang perlu Anda jalankan. Berikut adalah melihat banyak manfaat dari otomatisasi pemasaran.

Apa Itu Otomasi Pemasaran?

Sebelum kami melanjutkan, mungkin ada yang belum paham dengan istilah otomatisasi pemasaran. Otomatisasi pemasaran adalah proses dalam pemasaran yang menggunakan platform perangkat lunak untuk mengotomatisasi tugas pemasaran berulang. Anda dapat menggunakan proses otomatis di berbagai saluran, termasuk email dan platform media sosial. Jenis otomatisasi ini membantu Anda mengelompokkan dan menargetkan calon pelanggan dengan pesan yang relevan. Misalnya, Anda dapat mengelompokkan orang berdasarkan lokasi geografis, riwayat penelusuran, atau riwayat pembelian.

Manfaat Otomasi Pemasaran

Konsumen saat ini mengharapkan lebih banyak, dan mereka menginginkannya dengan cepat. Pelanggan ingin tahu Anda menghargai mereka. Otomatisasi membantu Anda lebih memahami dan memenuhi kebutuhan ini serta meningkatkan pengalaman pembeli. Berikut manfaat utama yang ditawarkan oleh otomatisasi pemasaran:

1. Memilih lead/prospek

Memelihara prospek penting untuk bisnis apa pun. Tetapi prosesnya bisa membosankan dan memakan waktu. Tujuannya adalah untuk membawa pelanggan baru ke dalam kontak dengan merek Anda. Dan Anda ingin izin mereka untuk mengirimi mereka informasi tentang bisnis Anda. Sebagai pemilik bisnis atau sebagai tim marketing, Anda memakai banyak tugas dan tidak punya waktu untuk memelihara setiap lead/prospek. Itulah mengapa Anda membutuhkan pemasaran otomatis. Karena platform/software ini membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Anda tidak perlu mengawasi calon pelanggan. Biarkan platform otomatisasi melakukannya untuk Anda saat Anda berkonsentrasi pada aspek lain dari bisnis Anda.

2. Personalisasi Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan adalah kunci untuk setiap industri yang berhubungan dengan orang. Hubungan bergantung pada koneksi, dan pelanggan Anda mengharapkannya. Personalisasi pelanggan Anda adalah kunci untuk melakukan penjualan dan mempertahankan bisnis. Anda ingin menginspirasi loyalitas pelanggan dan membuat mereka kembali lagi. Pemasaran otomatis membantu Anda menjangkau pelanggan yang tepat dengan konten yang tepat pada waktu yang tepat. Kuncinya adalah menawarkan mereka pesan yang disesuaikan yang tepat waktu, relevan, dan efektif.

3. Meningkatkan Hubungan

Manfaat penting dari otomatisasi pemasaran adalah memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak pelanggan potensial di berbagai saluran. Dengan sedikit usaha dari Anda, Anda dapat menyebarkan kesadaran merek dan memicu minat pada bisnis Anda. Kepercayaan pelanggan dan kesadaran merek meningkat ketika mereka mendengar dari Anda secara konsisten. Ini tidak berarti Anda harus spamming mereka dengan email harian yang mengganggu, tetapi Anda harus menjaga kontak hormat yang konsisten. Ini membantu menciptakan kepercayaan, yang penting untuk setiap bisnis yang sukses. Otomatisasi membantu mengisi kesenjangan komunikasi antara pelanggan dengan bisnis Anda. Ini mengingatkan pelanggan bahwa Anda ada saat mereka membutuhkan dan membantu Anda membangun pengikut yang kuat untuk bisnis Anda.

4. Menghubungkan Di Banyak Saluran

Mencoba untuk terhubung dengan pelanggan adalah usaha yang sulit dan memakan waktu. Platform otomatisasi memungkinkan Anda menjangkau pelanggan melalui berbagai saluran, termasuk email, situs web Anda, dan media sosial. Kontak otomatis menghilangkan tekanan dari pelanggan. Ini bertindak sebagai jaring pengaman, memungkinkan Anda untuk memelihara dan mendukung pelanggan Anda tanpa kerumitan atau tekanan. Platform otomatisasi yang andal memungkinkan Anda melacak kinerja berbagai saluran. Anda dapat melihat pelanggan mana yang Anda jangkau dan strategi pemasaran apa yang berhasil.