Return to site

Pentingnya Mengoleksi Data Pelanggan Dan Cara Yang Tepat Untuk Bisnis

Bagaimana mengukur tingkat prospek pelanggan dengan data?

· CRM,Tips Sales,Marketing
Cara mengoleksi data pelanggan yang akurat untuk penjualan

Mengumpulkan data pelanggan bukan hanya keharusan untuk tetap terhubung dengan para pelanggan. Selain untuk berkomunikasi, memiliki data pelanggan juga dapat menjadi pondasi strategi marketing di kemudian hari. Semakin bagus data yang Anda miliki, akan semakin tinggi kualitas pelanggan yang Anda miliki. Selain itu, perkembangan bisnis Anda juga dipertaruhkan apabila pelanggan yang ada saat ini tidak memberikan efek besar untuk perusahaan.

Bagaimana menentukan data pelanggan yang sangat dibutuhkan?
Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi mana data yang dibutuhkan untuk menemukan pelanggan yang memiliki kualitas bagus. Mungkin hal ini akan sangat mudah dilakukan dengan melihat kinerja pembelian yang mereka lakukan. Akan tetapi, kadang kita lupa bahwa ada pelanggan yang antusias di awal-awal saja, untuk itu jangan sampai terjebak dari kondisi tersebut.

Bagaimana mengukur tingkat prospek pelanggan dengan data yang sudah ada atau dengan mengumpulkan data baru untuk melihat peluang?
Setelah Anda tahu mana data pelanggan yang bagus menurut Anda, selanjutnya Anda dapat mendeterminasi data tersebut untuk menjadi sesuatu yang lebih besar dan penting untuk perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan sistem IT seperti CRM, Contact Management dan lain sebagainya. Selanjutnya, jika Anda merasa ada yang hilang atau kurang, pastikan Anda dapat segera mengatasi dengan cara mengumpulkan data baru. Sebagai contoh, ketika Anda tidak memiliki nomor handphone atau email, tapi Anda memiliki alamat perusahaan dan telepon perusahaan pelanggan Anda, Anda dapat memintanya untuk dihubungkan dengan yang bersangkutan atau jika Anda mengirimkan surat, pastikan Anda memberikan formulir yang sekiranya menarik pelanggan untuk mengisi data mereka yang kemudian dikirimkan kepada Anda.

Jangkau pelanggan dimanapun mereka berada
Pengumpulan data pelanggan adalah untuk mempermudah seorang marketer atau salespeople untuk menjangkau pelanggan. Ketika semua sudah di tangan, Anda dapat dengan mudah menjangkau mereka. Sebagai contoh, pelanggan yang lebih muda mungkin dapat kita jangkau melalui social media baik website maupun aplikasi messenger. Sedangkan untuk pelanggan yang sedikit lebih tua kebanyakan masih menggunakan email untuk berkomunikasi. Selain dari kedua macam pelanggan tersebut, mungkin masih dapat kita temukan pelanggan yang lebih suka bertatap muka, ketika kita sudah memiliki semua data yang kita perlukan untuk pelanggan tersebut, akan lebih mudah pula kita menjangkau mereka dalam kondisi apapun.

Mencari data yang bagus untuk bisnis Anda? Cari tahu, bagaimana kami dapat membantu Anda dalam meningkatkan hasil marketing untuk bisnis Anda.