Return to site

Penyebab Gagalnya Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan

· Customer Service

Jika Ada saat ini sudah berusaha untuk menjalin dan menjaga hubungan dengan pelanggan, namun masih saja gagal untuk menciptakan hal tersebut, tentunya ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Karena setiap masalah selalu ada solusi dan ada pula akar dari masalah tersebut. Akar masalah inilah yang harus diperhatikan dan harus segera diselesaikan agar dapat menjalin hubungan dengan pelanggan yang lebih baik. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi masalah ketika Anda ingin menjalin hubungan dengan pelanggan.

 

1. Kurangnya perhatian yang Anda berikan kepada pelanggan

Pelanggan mereupakan aset yang harus selalu mendapatkan perhatian dari Anda. Perhatian yang kurang terhadap pelanggan hanya akan membuat Anda kehilangan mereka yang mana pada akhirnya setiap usaha dari Anda hanya akan berakhir pada sisi yang sebaliknya. Mulailah dengan memberikan perhatian kepada pelanggan-pelanggan Anda.

 

2. Kurangnya komunikasi

Hubungan dengan pelanggan akan dimulai dari komunikasi yang Anda jalin dengan pelanggan. Ketika Anda berhasil mengawali proses dari prospek dengan menjalin komunikasi yang baik,ini tentu akan sangat membantu Anda dalam mempermudah proses ini. Namun, apabila Anda tidak memiliki riwayat komunikasi yang baik dengan pelanggan, maka ini akan semakin menyulitkan posisi Anda untuk menjalin hubungan yang baik dengan mereka.

 

3. Tidak menepati janji

Ketika pelanggan sudah memberikan apa yang Anda harapkan (keuntungan), sudah seharusnya apa yang Anda tawarkan juga menguntungkan bagi pelanggan. Apabila Anda tidak dapat menepati janji, baik dalam hal penawaran dan produk maka Anda tidak akan pernah lagi mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.Hasilnya, meskipun Anda harus bekerja sekuat tenaga untuk menjalin hubungan dengan pelanggan akan tetap gagal karena pelanggan sudah tidak lagi mempercayai Anda.

 

4. Penurunan kualitas

Hal terakhir yang akan menggagalkan hubungan dengan pelanggan adalah penurunan kualitas dari layanan maupun produk yang Anda jual. Jika sebelumnya Anda memiliki produk yang baik namun pad akhirnya mengalami penurunan tentunya ini menjadi akar masalah hubungan dengan pelanggan. Semakin sering Anda melakukan penurunan kualitas, maka semakin banyak pelanggan yang akan pergi meninggalkan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com