Return to site

Peran CRM Terhadap Bisnis, Tim Sales & Tim Marketing

Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat dari implementasi CRM untuk bisnis?

· CRM di Jakarta,CRM,CRM Di Indonesia

Salah satu bentuk kesalahan para pengguna platform/aplikasi Customer Relationship Management (CRM) adalah ketika mereka hanya menganggap alat ini hanya untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dan memantau interaksi dengan pelanggan saja. Memang, di awal kehadiran CRM memang hanya memiliki fungsi tersebut saja. Tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi, pengembangan CRM bukan hanya untuk memantau dan menjaga interaksi dengan pelanggan saja.

Dengan CRM, perusahaan dapat melakukan lebih banyak hal lagi untuk bisnis dan menjadikan bisnisnya tumbuh lebih baik. Karena, setiap proses untuk menghasilkan penjualan menjadi lebih efektif. Tak hanya untuk menjual, CRM juga dapat menghasilkan strategi pemasaran, customer service dan juga produk yang lebih baik.

Hal-hal lain yang akan didapatkan oleh perusahaan yang mengimplementasikan CRM dengan cara yang benar adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan efisiensi

Perusahaan yang mengimplementasikan CRM dengan baik, dapat meningkatkan efisiensi dalam berbagai hal. Seperti, efisiensi keuangan, efisiensi proses penjualan dan efisiensi pengelolaan sumber daya perusahaan.

2. Otomasi tugas tim

Dengan CRM, Anda dapat lebih mudah dalam menugaskan tim sales ketika terdapat jadwal yang tidak direncanakan sebelumnya. Sebagai contoh, ketika perusahaan mendapatkan panggilan dari pelanggan untuk melakukan meeting, perusahaan dapat menentukan tim sales yang lebih dekat dengan posisi pelanggan.

3. Mengurangi biaya

Dengan CRM, perusahaan dapat mengurangi biaya untuk pemasaran. Ini terjadi karena perusahaan dapat memilih media yang lebih efektif dalam menghasilkan lead berkualitas. Sedangkan untuk penjualan, tim sales dapat mengurangi biaya untuk meeting atau entertain prospek dengan proses penjualan yang lebih cepat.

4. Meningkatkan perolehan lead/prospek yang berkualitas

Perusahaan yang mengimplementasikan CRM dengan benar menghasilkan lead/prospek yang lebih berkualitas. Hal ini terjadi karena perusahaan dapat menyaring semua prospek berdasarkan interaksi dan potensi yang akan didapatkan oleh perusahaan.

5. Memberikan wawasan yang lebih untuk menjaga hubungan dengan pelanggan

Dengan kehadiran teknologi CRM yang lebih modern, tim sales maupun tim marketing dapat mengenal arti menjaga hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Tidak cukup sampai disitu saja, dengan CRM tim akan memiliki wawasan yang jauh lebih baik untuk menemukan pelanggan potensial dari hasil hubungan dengan pelanggan ini.

Ingin mendapatkan informasi yang lebih rinci? Silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Sales1CRM.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly