Return to site

Alasan Pentingnya Perencanaan Sebelum Presentasi Penjualan

Profesional atau tidak, perencanaan presentasi tetap harus dilakukan!

· Tips Presentasi

Perencanaan sebelum presentasi penjualan merupakan kunci keberhasilan presentasi yang dilakukan oleh salesperson sebelum closing. Tidak peduli ia sudah melakukan presentasi hingga ratusan kali, perencanaan harus tetap dilakukan agar salesperson dapat mempresentasikan produknya dengan baik di depan prospek.

Ketika salesperson merasa sudah hebat dan tidak menghiraukan perencanaan sebelum presentasi, sebenarnya ia sudah terjebak dalam kondisi yang kurang baik. Karena, ia bisa saja mengalami kebingungan ketika terjadi hal-hal yang diluar dugaan sebelumnya.

Terlepas dari masalah slide yang harus Anda cek ulang sebelum melakukan presentasi, berikut adalah beberapa alasan lain mengapa Anda harus membuat perencanaan sebelum melakukan presentasi penjualan sekalipun Anda sudah merasa profesional dalam presentasi.

1. Merencanakan presentasi mengartikan bahwa Anda melihat bisnis prospek dengan keseriusan

Tidak ada alasan untuk memandang prospek dengan sebelah mata.. Tidak peduli ia berasal dari perusahaan kecil, Anda harus memandang bisnis mereka sebagai potensi besar di masa depan. Oleh karena itu, Anda harus tetap serius dalam melayani prospek ini.

2. Menambah keyakinan diri saat presentasi dimulai

Ketika melakukan perencanaan, Anda pasti sudah akan memeriksa semua slide presentasi dan mulai mempersiapkan jawaban-jawaban untuk setiap pertanyaan yang diprediksi akan diajukan oleh prospek. Artinya, Anda sudah sangat siap dan memiliki kepercayaan diri yang lebih baik untuk melakukan presentasi dengan prospek.

3. Mempersonalisasikan solusi untuk prospek

Ketika Anda membuat perencanaan presentasi, Anda akan mulai berpikir ide-ide dan solusi-solusi seperti apa yang akan Anda berikan kepada prospek. Pesonalisasi solusi yang Anda lakukan pun akan lebih tepat sasaran dibandingkan harus menjawab solusi yang sudah sangat sering didengar oleh prospek.

4. Mampu memberikan presentasi yang unik sesuai prospek

Setiap prospek memiliki karakter bisnis dan personal yang berbeda. Tanpa perencanaan, presentasi yang Anda lakukan hanya berupa presentasi standar yang bisa saja sudah sangat sering dilihat oleh prospek. Sebaliknya, apabila Anda membuat perencanaan yang baik, Anda dapat membuat presentasi yang unik dengan fokus pada poin #3 di atas.

5. Membuat prospek merasa diperhatikan

Keberhasilan penjualan berawal dari adanya rasa perhatian yang diberikan oleh salesperson terhadap prospek. Jika Anda sudah membuat peencanaan dengan memastikan slide benar, unik, lebih personal, prospek akan merasa bahwa Anda benar-benar paham kebutuhan mereka. Hasilnya, prospek memiliki keyakinan lebih untuk menggunakan produk Anda. Ketika Anda berhasil melayani mereka dengan baik seterusnya dan menjaga hubungan, pelanggan ini pun akan menjadi pelanggan yang loyal kepada Anda.

6. Menunjukkan profesionalisme

Ketika semua berjalan dengan baik sesuai rencana serta dapat menghadapi kejadian-kejadian tak terduga dengan baik, prospek akan melihat profesionalisme Anda sebagai sales. Mereka pun akan semakin antusias untuk mengikuti presentasi Anda sejak awal tanpa keraguan.

Ketika Anda berhasil menjalankan 6 hal ini, kepercayaan prospek akan meningkat, penjualan pun akan lebih cepat terjadi. Pada akhirnya, usaha Anda pun untuk meyakinkan prospek dapat berhasil berkat usaha Anda dalam memperhatikan pengalaman pelanggan saat mengikuti presentasi Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com