Return to site

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Pindah ke Cloud!

3 pertimbangan sebelum memutuskan pindah ke cloud

· Cloud,Keuntungan Cloud
Cloud untuk bisnis dan keuntungan cloud buat bisnis

Pentingnya data pelanggan yang kita simpan dalam bentuk digital merupakan kewajiban perusahaan untuk menjaga kerahasiaannya. Bukan hanya untuk kepentingan pelanggan saja, namun juga untuk kepentingan perusahaan kedepannya. Jual beli data tidak hanya terjadi baru-baru ini saja, tapi juga sudah terjadi sejak dulu. Contoh sederhana adalah jual beli database nomor handphone pelanggan yang mudah kita temui di laman pencarian. Atau kehilangan data akibat hal lain seperti saat disk yang isinya data pelanggan milik perusahaan rusak baik karena faktor ketidaksengajaan seperti bencana alam atau faktor kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan manusia.

Dari kedua kejadian tersebut dapat kita bayangkan seberapa besar kerugian yang akan Anda alami. Banyak pihak yang menyarankan untuk menggunakan cloud sebagai media penyimpanan data perusahaan. Alasannya adalah, cloud menjadi tempat penyimpanan yang aman dan hemat. Tapi, sebelum memilih penyedia cloud, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut:

1. Dapat dipercaya

Memilih provider yang tidak memiliki track record baik akan membahayakan bagi data Anda. Mereka yang menyediakan media penyimpanan untuk Anda bisa berbuat “nakal” dengan melakukan praktik jual beli data pelanggannya. Anda sebagai pelanggan dari penyedia cloud tersebut yang memiliki banyak data pelanggan perusahaan Anda sendiri sudah pasti dirugikan jika data yang Anda simpan tersebut diperjualbelikan. Carilah provider yang dapat dipercaya terutama oleh perusahaan-perusahaan besar lainya.

2. Memberikan pelayanan yang optimal

Harga mahal tidak menjamin pelayanan bagus, harga murah tidak menjamin kualitas yang tidak bagus. Cari tahu background mereka terlebih dahulu untuk menggunakan jasa mereka. Sebagai contoh Software as a Service (SaaS) yang menggunakan cloud untuk bisa beroperasi, akan sangat merugikan jika layanan yang Anda pilih tidak berjalan dengan baik. Disaat terjadi kondisi tersebut, bagaimana mereka menangani masalah dan bagaimana provider melayani Anda. Jangan sampai, upaya hemat Anda menjadi upaya sia-sia karena Software tidak berfungsi dengan baik karena provider tidak memberikan layanan yang bagus.

3. Memiliki fitur automation

Fitur automation ini adalah merupakan salah satu keharusan, seperti auto backup atau filter auto search. Kami disini tidak membahas data sedikit yang dapat dengan mudah Anda backup sendiri. Yang kami maksudkan disini adalah data semi kompleks dan data yang sangat kompleks yang tidak memungkinkan kita backup sendiri satu per satu. Karena kita tidak bisa memprediksi kapan data kita akan rusak, maka auto backup ini akan menjadi penyelamat data Anda. Sedangkan fitur auto search akan memberikan kemudahan ketika Anda ingin melakukan pencarian data pelanggan Anda. Selain itu, fitur yang dapat memfilter kemana data akan disimpan secara otomatis. Dengan demikian, maka Anda dapat dengan mudah mengontrol data-data yang Anda miliki dengan lebih mudah.

Berpindah menggunakan cloud bukanlah hal yang sulit, karena Anda tidak memerlukan resource dari perusahaan sendiri untuk bisa memantau server. Bahkan Anda tidak perlu mengembangkan program sendiri untuk kemudahan tersebut.

Dapatkan informasi tentang cloud, sales, marketing, CRM dengan mendaftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini atau hubungi kami di hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Flickr CC