Return to site

Perintah Yang Harus Diberikan Oleh Leader Kepada Tim

Memilih tugas yang tepat untuk tim sales

· Leadership

Sebagai seorang leader, apa yang Anda perintahkan kepada tim adalah yang menentukan keberhasilan dalam penjualan. Anda adalah orang yang bertanggung jawab untuk menciptakan pekerjaan yang efektif dan efisien untuk tim Anda. Lalu, apa saja yang harus diperintahkan oleh sales leader kepada timnya untuk mencapai kinerja yang efektif dan efisien?

 

1. Manage penjualan dengan baik

Leader dapat memberikan visi, misi, target dan strategi dalam penjualan. Tetapi, tim lah yang melaksanakan semua itu dan memastikan semuanya berhasil. Oleh karena itu, Anda harus bisa melatih tim Anda baik secara Individual maupun secara tim. Anda perlu membagi ruang kapan Anda harus melatih tim secara individu agar mereka bersedia menjadikan waktu selama ia bekerja sebagai waktu paling berharga untuk dirinya.

 

2. Interaksi penjualan yang lebih komunikatif

Komunikasi antara tim sales dengan prospek memiliki dampak yang sangat besar untuk keberhasilan penjualan. Pada posisi inilah keberhasilan dan kegagalan dalam penjualan ditentukan. Tim Anda membutuhkan proses penjualan yang menggerakkan prospek menjadi seorang pelanggan. Jika Anda ingin memastikan prosesnya berjalan dengan baik, bawalah tim Anda untuk lebih komunikatif saat berinteraksi dengan prospek agar dapat menciptakan nilai yang baik.

 

3. Perencanaan prospek untuk menciptakan peluang

Jangan hanya menggunakan tim sales Anda untuk mengumpulkan prospek yang banyak. Tetapi, bawalah tim Anda untuk menambah prospek yang dapat membawa peluang. Yang artinya, tim sales yang Anda pimpin harus bisa membedakan mana prospek yang berkualitas dan mana yang tidak. Jika Anda tidak dapat membawa tim membedakan prospek, proses yang Anda lakukan akan selamanya memiliki hasil yang sama. Terlalu banyak prospek yang tidak berkualitas dan hanya berakhir pada kegagalan untuk mencapai penjualan. 

 

Tim sales Anda perlu memahami mana target yang paling tepat untuk mencapai penjualan. Mereka membutuhkan alat yang dapat membantu mereka memahami target, seperti implementasi CRM yang harus diambil oleh leader. Tak hanya itu saja, tim juga membutuhkan ide untuk memberikan nilai bagi prospek. Jika Anda ingin tim sales melakukan pekerjaannya dengan baik dalam mencari prospek, maka buatlah perencanaan yang dapat membawa peluang bukan hanya sebatas mengumpulkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com