Return to site

Perlukah Marketing Dengan Mengikuti Event Di Era Digital?

Manfaat event ditengah maraknya marketing digital

· Tips Marketing

Pameran dagang (trade show) atau event-event eksebisi merupakan cara yang paling sering dilakukan oleh pelaku bisnis B2B dalam beberapa dekade terakhir. Bahkan, pameran merupakan ajang marketing terbesar yang dilakukan oleh B2B jauh sebelum internet hadir dalam kehidupan kita secara umum.

 

Meski saat ini bisnis online sudah menjadi kebutuhan, bukan berarti melakukan/mengikuti event, baik pameran atau eksebisi sudah tidak zaman lagi. Jika kita lihat Mobile World Congress, CES dan event-event bisnis lainnya masih menujukkan kesuksesan dalam meraup keuntungan yang besar. Itulah sebabnya, mengikuti event masih menjadi salah satu tempat marketing terbesar dalam bisnis. Bagi Anda pelaku UKM maupun start-up, berikut adalah alasan-alasan mengapa Anda harus mengadakan event atau ikut berpartisipasi.

 

1. Apakah mengikuti event akan menghasilkan?

Untuk usaha kecil dan start-up pertanyaan pertama yang muncul adalah “Apakah hasil yang akan kami terima akan sepadan dengan waktu, biaya dan usaha yang kita lakukan?”  Ya, jika Anda melakukan dengan cara yang benar, ajang ini akan menjadi cara yang paling cepat untuk menarik keuntungan. Anda jangan gegabah dalam mengadakan atau mengikuti pameran. Sebelum berpartisipasi, cobalah melakukan riset calon peserta, calon pengunjung, target market dalam pameran dan lain sebagainya.

 

Ketika Anda berhasil mengumpulkan semua data tersebut, Anda dapat menentukan apakah akan ikut berpartisipasi atau tidak. Jika Anda ikut event yang tidak sesuai dengan market Anda, maka usaha Anda hanyalah usaha yang tidak akan menghasilkan apa-apa.

 

2. Manfaat mengikuti event

Ketika Anda mengikuti event ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Selain proses penjualan yang akan Anda dapatkan. Manfaat utama adalah bagaimana Anda bertemu dengan prospek-prospek pada event tersebut. Ketika Anda memanfaatkan CRM, tentu ini adalah peluang yang sangat besar untuk menyimpan data-data prospek yang mengikuti event Anda. Event juga menjadi kesempatan bagi pelanggan atau prospek bertemu secara langsung dengan Anda. Ketika Anda mampu menarik kepercayaan mereka, tentu Anda memiliki peluang untuk memiliki pelanggan loyal baru.

 

3. Pertimbangan event selanjutnya

Ketika Anda mulai mengikuti atau mengadakan event pertama kali, Anda dapat mengumpulkan data untuk mengikuti/mengadakan event selanjutnya. Jika event Anda saat ini gagal, Anda dapat memperbaiki kegagalan Anda pada event selanjutnya. Cari tahu titik permasalahan yang Anda hadapi. Apakah dari produk/layanan, apakah Anda salah mengikuti event dan lain sebagainya. Mempersiapkan keikutsertaan Anda untuk event selanjutnya merupakan cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

Itulah alasan utama mengapa Anda perlu mengikuti atau mengadakan event baik pameran perdagangan atau pun eksebisi di era digital seperti saat ini. Selain untuk memasarkan secara offline, kesempatan menarik kepercayaan online juga semakin terbuka.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK