Return to site

Prioritas Yang Harus Dikedepankan Guna Mewujudkan Smart City Di Indonesia

Siapkah pemerintah dan masyarakat dengan kehadiran Smart City di Indonesia?

· Smart City Indonesia

Pemerintah Indonesia menggalakkan upaya untuk mewujudkan smart city di berbagai kota di Indonesia. Upaya ini pun mendapatkan lampu hijau dari pemerintah provinsi,pemerintah kota/kabupaten yang sudah mulai mengerjakan proyek pengembangan smart city di daerah kepemimpinannya. Keberhasilan untuk mewujudkan smart city di Indonesia bergantung bagaimana pihak-pihak terkait mampu menentukan apa saja yang harus diprioritaskan agar pengembangan dapat berjalan lancar.

Berikut adalah beberapa poin penting yang harus diprioritaskan oleh pemerintah maupun pengembang agar mampu mewujudkan smart city di Indonesia.

1. Kecepatan internet yang lebih baik dan merata

Kecepatan internet di Indonesia memang sudah menunjukkan tanda-tanda ke arah yang lebih positif. Hal ini tidak lepas dengan hadirnya teknologi jaringan 4G dan semakin meluasnya penggunaan smartphone 4G di Indonesia. Sayangnya, kecepatan internet serta jangkauan pelanggan dari provider ISP di Indonesia masih belum merata dan ini dapat menjadi kendala yang harus segera diselesaikan.

2. Keamanan data

Keamanan data yang dimiliki oleh pemerintah selalu menjadi sasaran oleh peretas. Oleh karena itu, pemerintah harus benar-benar memperhatikan hal tersebut dengan menggunakan keamanan sistem yang maksimal. Jangan sampai data-data yang terdapat pada database diambil dengan mudah oleh peretas.

3. Kerjasama dengan perusahaan teknologi

Peran penting perusahaan teknologi berpengaruh pada integrasi maupun keamanan aplikasi maupun data. Oleh karena itu, pemerintah harus paham dan berhati-hati dalam memilih perusahaan teknologi untuk integrasi tersebut. Kerjasama ini juga akan memberikan masukan-masukan penting kepada pemerintah terkait teknologi apa yang harus dipakai agar pengembangan smart city lebih optimal.

4. Energi

Smart city adalah konsep yang mengedepankan pembaruan-pembaruan yang memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan dan masyarakat. Termasuk penggunaan energi untuk keperluan-keperluan infrastruktur smart city. Artinya, energi yang digunakan untuk infrastruktur juga harus dioperasikan dengan sistem cerdas yang mengutamakan efisiensi penggunaan energi tetapi tetap maksimal untuk lingkungan.

5. Edukasi smart city kepada masyarakat

Mengingat Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan masih banyak desa-desa tertinggal, penting bagi pemerintah untuk mengedukasi masyarakat tentang apa itu smart city, manfaat yang bisa didapatkan oleh masyarakat dan apa saja yang harus dilakukan sebagai bentuk dukungan masyarakat pada program smart city ini. Jangan sampai infrastruktur maupun aplikasi yang dikembangkan hanya menjadi pelengkap tetapi tidak pernah dimanfaatkan oleh masyarakat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com