Return to site

Rahasia Sukses Menumbuhkan Loyalitas Pelanggan

Pelanggan loyal, bisnis pun lancar!

· Tips Sales

Memiliki pertumbuhan bisnis yang baik memerlukan tindakan-tindakan luar biasa dari dalam diri Anda untuk bisa mewujudkannya. Selain itu, Anda juga perlu memahami kriteria-kriteria pelanggan untuk meningkatkan loyalitas mereka. Perlunya mengeksplorasi strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan menjadi kewajiban bagi seorang sales agar penjualan terus berada pada tren positif. Ketika Anda memahami semua yang telah kami sebutkan, Anda berhasil berada satu tingkat lebih baik dibandingkan posisi Anda sebelumnya.

Ketika Anda menerapkan program loyalitas untuk pelanggan, tentu itu akan sangat berguna bagi pelanggan-pelanggan Anda. Tetapi, apakah Anda yakin bahwa program tersebut dapat berlaku untuk semua pelanggan loyal yang Anda miliki? Itu menjadi satu pertanyaan penting yang harus Anda jawab.

Berikut adalah hal-hal rasional yang dapat membantu Anda agar lebih efektif dalam menjual produk kepada pelanggan loyal dan menjadi bagian dari tahap awal pembelian yang akan dilakukan oleh pelanggan.

1. Pahami pelanggan-pelanggan Anda

Memahami pelanggan saat pertama kali bertransaksi dengan Anda baik melalui website, social media maupun penjualan secara pribadi dengan Anda merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Setelah Anda mampu memahami, Anda harus bisa merancang pengalaman yang lebih baik untuk pelanggan-pelanggan loyal seperti memahami faktor rasional, emosional serta pengalaman yang membawanya terus merasakan kepuasan dengan produk dan layanan yang telah Anda berikan. Setiap perilaku yang Anda berikan kepada pelanggan akan memberikan penilaian yang baik serta pemberian rekomendasi untuk Anda.

2. Belajar mengenali emosi pelanggan

Ketika pelanggan melakukan pembelian, tentu kita akan berpikir bagaimana cara mereka membeli kepada perusahaan lain baik terkait pelayanan dan harga. Tetapi, pada kenyataannya, pembelian yang dilakukan oleh pelanggan lebih sering terjadi di bawah kesadaran dirinya, ketika kita berhasil memanfaatkan emosi yang mereka miliki.

3. Tidak membedakan pelanggan baru dan lama

Loyalitas pelanggan akan lebih baik apabila Anda bisa menjaga kepercayaan mereka dengan tidak membanding-bandingkan antara pelanggan lama dan baru. Memang, Anda bisa membedakan layanan untuk pelanggan-pelanggan premium/VIP. Untuk kategori pelanggan di bawahnya, jangan pernah membedakan layanan, sekalipun ia hanya membeli dengan skala kecil. Belajar membangun loyalitas justru akan berhasil apabila Anda dapat bersikap maksimal terhadap pelanggan-pelanggan kecil.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK