Return to site

Sales Motivasi: Tidak Akan Belajar Tanpa Kesalahan & Kegagalan

Pengalaman adalah guru terbaik!

· Motivasi

Semua orang ingin selalu sukses termasuk salesperson yang ingin selalu berhasil menghasilkan penjualan dari semua prospek yang didapatkan. Tetapi, proses yang dilakukan oleh semua orang tidak akan pernah lepas dari yang namanya kegagalan dan kesalahan. Kegagalan dan kesalahan akan selalu menghampiri siapa pun tanpa terkecuali. Anda yang sudah sangat pengalaman pun juga akan membuat kesalahan dan kegagalan dalam beberapa proses.

Haruskah kita takut gagal dan takut salah?

Banyak orang yang takut gagal dan takut membuat kesalahan. Hal ini adalah hal yang sangat wajar terjadi dalam hidup kita. Kami juga tidak melarang Anda untuk takut melakukan kesalahan dan kegagalan. Tetapi, bukan berarti kita harus selalu takut membuat kesalahan dan kegagalan tersebut. Karena, setiap kesalahan dan kegagalan akan selalu menyimpan pelajaran yang sangat berharga untuk kehidupan Anda. Bagi seorang sales, kegagalan dan kesalahan dalam menjalani proses, memilih lead dan hal lain sebagainya, akan memberikan pelajaran untuk memperbaiki proses, belajar memilih lead serta belajar untuk meningkatkan kualitas layanan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan proses penjualan.

Ketika kita melakukan kesalahan, tentunya kita akan berpikir, apa yang salah dengan proses yang kita jalani sebelumnya hingga berakibat pada kegagalan. Pertanyaan-pertanyaan yang timbul karena kesalahan dan kegagalan seperti ini yang akan memotivasi diri kita untuk berpikir keras dalam mencari solusi. Tak cukup hanya mencari solusi, kita juga akan mencari cara untuk mencegah hal yang sama terjadi kembali di masa depan. Semakin banyak kegagalan yang dialami saat ini, tentunya kesalahan akan lebih sedikit dilakukan di masa depan.

Pembaruan-pembaruan yang dilakukan oleh perusahaan dan diri sendiri lah yang menuntun kita untuk terus mengikuti perubahan yang terjadi di pasar. Sehingga, ketika ada perubahan lain, kita lebih siap untuk menghadapi dan tidak perlu takut untuk melakukan kesalahan. Selama kita tidak mengulang kesalahan yang sama dengan yang terjadi di masa lalu, itu artinya kita sudah berkembang dan lebih siap untuk menghadapi segala tantangan ataupun jika harus gagal di masa depan.

Ilustrasi (c) Pexels.com