Return to site

Saya Bukan Salesperson Terbaik!

Tetap rendah hati di saat sukses

· Tips Sales

Salesperson yang dapat menjual produk dengan baik dan selalu menembus atau mendekati target memang bisa dikatakan sebagai sales hebat. Tetapi, salesperson sangat tidak dianjurkan untuk mengatakan bahwa dirinya adalah salesperson terbaik.

 

Menghindari penilaian diri sendiri adalah cara terbaik untuk menjadikan salesperson untuk terus belajar. Karena sejatinya tidak akan pernah ada salesperson terbaik. Alasannya, kemampuan salesperson saat ini belum tentu dapat diimplementasikan untuk menghadapi persaingan penjualan di masa depan.

 

Mengapa Anda harus menanamkan pola pikir “Saya bukan salesperson terbaik” dalam pikiran Anda?

 

1. Tetap tumbuh dengan kegagalan

Ketika Anda percaya bahwa Anda bukanlah salesperson terbaik, Anda akan tetap bekerja dengan penuh kehati-hatian untuk meminilaisir kesalahan. Anda juga dapat memperhatikan setiap kesalahan yang telah Anda lakukan. Anda lebih peduli pada diri Anda sendiri dan terus menganalisa setiap performa selama bekerja. Sikap Anda yang seperti ini adalah yang terpenting dalam karir Anda.

 

Anda akan siap menghadapi semua kegagalan dan menjadikan kegagalan tersebut sebagai tempat untuk belajar. Anda akan selalu bisa menyalahkan diri sendiri karena kesalahan yang telah dilakukan jika Anda tetap mempertahankan pola pikir Anda sebagai salesperson biasa.

 

Sebaliknya, jika Anda merasa bahwa Anda adalah salesperson terbaik, Anda akan bekerja begitu-begitu saja dan tidak lagi memperhatikan hal-hal yang dapat menggagalkan Anda di masa depan. Artinya, Anda telah berhenti untuk belajar dan berhenti untuk menumbuhkan kemampuan sales yang dimiliki.

 

2. Memiliki kesalahan Anda sendiri

Jika Anda mempertahankan penilaian sebagai sales biasa, Anda akan menerima kesalahan Anda sendiri dan tidak akan melimpahkan kesalahan tersebut pada orang lain, produk, menganggap prospek yang tidak serius atau bahkan menyalahkan lemahnya daya beli pelanggan. Jika Anda percaya bahwa kesalahan adalah dari diri Anda, maka Anda siap untuk bekerja lebih semangat agar tidak membuat kesalahan yang sama dan berusaha untuk mencapai keberhasilan dalam penjualan disaat kondisi penjualan sedang sepi.

 

3. Bertanggung jawab atas pertumbuhan diri sendiri

Seperti yang kami sebutkan, menjadi sales yang tidak menilai dirinya sebagai sales terbaik akan terus belajar. Artinya, setiap langkah yang ia ambil merupakan tanggung jawabnya sendiri. Jika ingin tumbuh, ia harus terus belajar. Jika tidak, ia bisa bekerja seadanya tetapi risiko kegagalan di masa depan harus ia terima karena kemampuannya sudah mencapai batas yang ia ciptakan sendiri.

 

Itulah alasan mengapa jangan pernah menganggap bahwa diri Anda sebagai salesperson terbaik yang dapat kami berikan. Selanjutnya, semua tergantung diri Anda!

Ilustrasi (c) Unsplash.com