Return to site

Segmentasi Pasar Berdasarkan Kualitas, Bukan Banyaknya Pelanggan

Apa yang Anda lakukan untuk menemukan pasar yang berkualitas?

· Tips Sales

Segmentasi pasar bukan hanya tentang banyaknya basis pelanggan yang Anda miliki saja. Karena, jika Anda hanya fokus pada basis pelanggan, akan sulit bagi Anda untuk memaksimalkan penjualan. Ketika basis pelanggan Anda pada pasar yang menjadi basis utama mengalami penurunan dalam beberapa bulan atau tahun ke depan, itu artinya Anda akan mengalami penurunan penjualan pula. Tentu hal ini juga akan sangat merugikan untuk Anda.

Segmentasi yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih pasar berdasarkan kualitasnya. Meskipun pasar tersebut memiliki basis pelanggan yang kecil, namun pasar ini memiliki kualitas yang baik, tentu ini akan lebih menguntungkan bagi Anda di masa yang akan datang.

Jika kami bertanya kepada Anda, Apabila pada kota A, Anda memiliki 1.000 pelanggan dengan daya beli yang mengutamakan potongan harga/diskon. Sedangkan pada kota B, Anda memiliki 600 pelanggan, namun pelanggan-pelanggan ini memiliki loyalitas yang sangat baik. Apakah Anda akan mengutamakan pelanggan dengan 1.000 pelanggan dengan kualitas rendah, atau akan lebih memprioritaskan pasar dengan 600 pelanggan namun memiliki loyalitas?

Jika Anda lebih memilih untuk lebih mengutamakan kota A, maka Anda sudah mempersiapkan diri untuk menanggung kerugian secara terus menerus karena pelanggan akan selalu meminta diskon. Sedangkan apabila Anda memilih kota B, itu artinya Anda memiliki peluang untuk memiliki reputasi bisnis yang lebih baik karena pada kota B ini basis pelanggan yang Anda miliki merupakan pelanggan berkualitas.

Dengan segmentasi berdasarkan kualitas seperti ini, tentu prospek bisnis jangka panjang Anda akan jauh lebih baik. Sedangkan, apabila Anda memilih segmentasi pasar maupun pelanggan berdasarkan jumlah pembelian namun dengan harga diskon, maka Anda telah memilih strategi penjualan untuk merugikan bisnis Anda di masa depan.

Jadi, apakah Anda tetap akan lebih memilih segmentasi pasar maupun pelanggan berdasarkan besar kecilnya basis pelanggan yang Anda miliki atau akan lebih memilih kualitas dari pasar/pelanggan? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini! Dapatkan tips-tips sales, pemasaran dan CRM eksklusif melalui email Anda dengan cara mendaftarkan email melalui form subscribes. Untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai aplikasi CRM, Anda dapat mengirimkan email ke hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK