Return to site

Sempurnakan Presentasi Penjualan Anda

Memperbaiki presentasi untuk meningkatkan minat prospek

Setelah Anda dan prospek menghabiskan beberapa waktu pertemuan hingga sampai pada proses presentasi, ini akan menjadi waktu krusial yang dapat berakhir pada penutupan penjualan atau justru kegagalan baru yang akan Anda dapatkan. Jika Anda sudah melakukan presentasi dengan baik, berhasil meningkatkan minat prospek dari presentasi yang Anda berikan, ada satu langkah lain yang harus bisa Anda kendalikan agar dapat meyakinkan prospek tersebut untuk segera menggunakan produk Anda.

 

Satu langkah tersebut adalah penyempurnaan proses presentasi menjadi penjualan. Seperti yang kami ungkapkan sebelumnya, dalam proses presentasi hanya memberikan dua kemungkinan, penjualan dan kegagalan. Jika Anda tidak jeli dalam membuat persiapan ini, peluang besar yang sedang Anda hadapi saat ini akan berakhir dalam sekejap. Oleh karena itu, diperlukan penyempurnaan untuk melengkapi proses yang sudah Anda lewati dengan melakukan persiapan-persiapan penjualan. Apa saja persiapan penjualan yang akan membantu menyempurnakan presentasi Anda?

  1. Kesiapan diri
  2. Mempersiapkan kontrak
  3. Mempersiapkan produk
  4. Mempersiapkan formulir penjualan
  5. Menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh prospek
  6. Menjadikan diri sebagai pendengar yang aktif di akhir presentasi sebagai penasihat yang tepat untuk prospek.

Setelah Anda mempersiapkan semua poin yang kami sebutkan ini, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menghilangkan keraguan prospek. Satu pertanyaan yang bisa saja diungkapkan oleh prospek adalah “Ketika saya sudah menggunakan produk Anda, apa yang akan Anda berikan?

Jika Anda hanya memberikan jawaban “Kami akan memberikan produk yang berkualitas untuk Anda!”, ini hanya akan memberikan keraguan baru kepada prospek. Karena, penilaian tersebut hanya dari Anda, yang bisa saja menjadi “pemanis” presentasi.

 

Yang harus Anda janjikan kepada prospek adalah dengan selalu siap memberikan waktu ketika dibutuhkan, siap menjadi tempat untuk bertukar pendapat terkait bisnis yang relevan dengan produk/layanan yang Anda berikan.

 

Mengapa bukan produk yang harus Anda ungkapkan kepada prospek? Karena, produk bisa didapatkan dengan mudah oleh prospek, tetapi solusi dan pengalaman tidak bisa diberikan oleh semua perusahaan untuk mendukung mereka.

 

Kesimpulan:

Menyempurnakan presentasi dengan persiapan dan menawarkan solusi adalah cara yang paling tepat untuk Anda, dibandingkan dengan menjanjikan produk yang berkualitas, tetapi tidak dapat dibuktikan oleh prospek. Biarkan dia menggunakan produk Anda dan menilai kualitas produk Anda setelah mereka melakukan pembelian. Dengan cara ini, Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berhasil membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK