Return to site

Sistem CRM Untuk Usaha Mikro Yang Anda Kelola

Memperbaiki pengelolaan bisnis mikro dengan sistem CRM

· CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta,CRM,Tips Bisnis

Sistem CRM tidak hanya diperlukan oleh perusahaan besar saja, tetapi juga perlu diterapkan oleh pemilik usaha mikro. Karena, setiap usaha mikro juga membutuhkan wawasan yang lebih mendalam mengenai para pelanggannya, maka menjaga hubungan dengan mereka adalah cara terbaik yang harus dilakukan. Wawasan ini pun tidak bisa didapatkan hanya dengan mengira-ngira saja. Tetapi, diperlukan data yang valid untuk bisa melihat wawasan tersebut. Data valid ini pun bisa Anda dapatkan dengan menyimpannya pada aplikasi atau sistem Customer Relationship Management (CRM). Ketika berbicara tentang sistem, tentu pelaku usaha mikro akan berpikir bahwa harus mengeluarkan biaya lebih untuk keperluan semacam ini. Padahal, dengan sistem yang lebih baik akan ada banyak manfaat yang akan dirasakan. Diantaranya adalah sebagai berikut!

1. Biaya yang lebih efektif

Jika dilihat dari segi pengeluaran dengan jumlah tertentu dalam satu waktu, memang penggunaan CRM akan dianggap menambah beban. Padahal, CRM akan membantu pemilik usaha mikro untuk lebih menghemat pengeluaran, terlebih lagi selama proses untuk mendapatkan pelanggan atau selama masa berstatus lead dan prospek.

Contoh, Anda akan melakukan penjadwalan meeting, jika tidak disertai dengan sistem atau data yang tersimpan pada CRM, Anda dapat membuat jadwal yang tidak terorganisir. Misal, pada tanggal 25 Juni membuat jadwal dengan prospek di kawasan Pluit, karena tidak memiliki sistem untuk penjadwalan meeting, pada hari yang sama Anda juga membuat janji meeting dengan prospek di Cibubur, ini justru akan menambah pengeluaran untuk Anda karena tidak efektif. Jika dalam satu hari menambah beban BBM atau transportasi sebesar Rp50.000,- bagaimana kalau Anda membuat kesalahan serupa selama 10 kali dalam satu bulan? Beban Anda jauh lebih besar dibandingkan harus membayar CRM per bulan.

Hal-hal seperti inilah yang perlu Anda perhatikan. Sebuah beban pengeluaran yang tidak seberapa pengeluarannya dalam satu kali, tetapi karena dilakukan berulang-ulang menjadi pembengkakan pengeluaran yang sangat signifikan. Dengan sistem CRM, Anda memiliki waktu untuk mengatur jadwal meeting yang lebih efisien dengan fokus pada zona yang sudah ditetapkan berdasarkan kalender meeting yang terdapat pada sistem.

2. Laporan dan wawasan pelanggan

Bisnis Anda tidak akan berjalan tanpa penjualan atau tanpa pelanggan. Sehingga, Anda benar-benar harus memahami data-data pelanggan yang dimiliki. Memahami data penjualan yang tidak potensial dan yang lebih potensial lebih mudah jika dilihat dari sistem CRM. Begitu pula saat melakukan laporan penjualan, Anda akan lebih mudah untuk melakukannya tanpa harus menyimpan secara tradisional.

3. Mudah diintegrasikan dengan berbagai macam alat

Smartphone, Email dan berbagai macam alat lainnya dapat Anda kumpulkan menjadi satu dengan fitur integrasi yang ada pada sistem CRM. Anda dapat bekerja lebih sederhana dan dapat fokus untuk mencari cara terbaik dalam menghubungi prospek dan pelanggan.

4. Mudah digunakan

Sistem CRM berbasis cloud tidak membutuhkan sumber daya yang besar. Anda hanya perlu memasang aplikasi melalui smartphone (tergantung penyedia), Anda juga juga bisa mengakses melalui komputer laptop/PC melalui aplikasi berbasis browser.

Itulah beberapa manfaat dari CRM untuk usaha mikro yang dapat kami berikan. Jika ada hal yang ingin Anda tanyakan dan perlu saran yang tepat dalam memilih CRM, kami siap melayani Anda. Caranya, cukup hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com atau dengan menghubungi kami melalui layanan telepon di (021) 3505114.

Ilustrasi (c) Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly