Return to site

Solusi Untuk Meralisasikan Smart City Di Indonesia

Peran masyarakat & pemerintah untuk realisasi Smart City

· Smart City Indonesia

Pada artikel sebelumnya, kami telah memberikan informasi-informasi tentang kendala yang dihadapi oleh Indonesia untuk mengembangkan atau mengimplementasikan Smart City di Indonesia. Rasanya tidak lengkap apabila kami tidak memberikan informasi tentang solusi untuk menghapus kendala-kendala tersebut dan menjadikan kota-kota di Indonesia menjadi kota yang sukses mengimplementasikan Smart City

Untuk melengkapi artikel tersebut, berikut adalah solusi yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan Smart City di Indonesia.

1. Dukungan Pemerintah dan Masyarakat Untuk Menciptakan Smart City

Smart City dapat sukses diwujudkan apabila ada peran dari pemerintah dan masyarakat yang benar-benar mendukungnya. Pemerintah yang bertanggung jawab untuk menyediakan infrastruktur harus diimbangi oleh perawatan yang juga dilakukan oleh masyarakat. Kita tahu, di Indonesia sangat sering terjadi perusakan fasilitas-fasilitas umum, jika ingin menjadi kota cerdas, pola pikir masyarakat juga harus diubah dengan menjaga infrastruktur yang terdapat di kotanya seperti ia menjaga barang miliknya sendiri.

2. Dukungan dari perusahaan Swasta dalam negeri dan BUMN.

Besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi infrastruktur Smart City mungkin sangat sulit untuk bisa dikeluarkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, pengembangan infrastruktur juga harus mendapat perhatian dari perusahaan Swasta dan BUMN. Dimana perusahaan-perusahaan Swasta dan BUMN berinvestasi pada pengembangan infrastruktur maupun aplikasi yang dapat diimplementasikan pada Smart City.

3. Mengikuti perkembangan teknologi Smart City

Perkembangan teknologi Smart City mengalami perubahan dengan cepat. Banyak pengembang aplikasi dan infrastruktur pendukung yang berhasil diciptakan akhir-akhir ini. Agar pemerintah Indonesia mengenal lebih jauh tentang teknologi ini, pemerintah perlu mengikuti perkembangannya agar selalu mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya agar upaya dalam mewujudkan Smart City berhasil dilakukan.

Kesimpulan:

Indonesia merupakan negara besar yang sebenarnya mampu mengimplementasikan Smart City. Namun, minimnya kesadaran dari masyarakat dan juga dukungan dari pemerintah maupun swasta membuat konsep ini masih belum bisa dimaksimalkan dengan baik. Hingga saat ini baru beberapa kota yang berhasil menerapkan bagian-bagian kecil dari Smart City. Ini menunjukkan bahwa keseriusan pemerintah dan masyarakat yang menjadi kunci utama untuk mendukung keberhasilan implementasi Smart City di Indonesia.

Itulah bagian kecil dari solusi Smart City yang dapat kami berikan untuk Anda. Ikuti terus blog kami untuk mendapatkan tips-tips sales, marketing dan CRM. Caranya cukup mudah dengan mendaftarkan email Anda pada kolom subscribes di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com