Return to site

Strategi Marketing Yang Efektif Untuk Perusahaan Kelas Menengah

Mencari keuntungan lebih tanpa biaya berlebihan

Strategi Marketing Yang Efektif Untuk Perusahaan Kelas Menengah

Strategi marketing adalah merupakan komponen penting dalam memasarkan produk untuk semua kalangan bisnis baik kecil, menengah maupun besar. Dalam kesempatan ini, kami tidak akan membahas strategi marketing untuk bisnis kecil dan besar. Yang akan kami bahas adalah bagaimana strategi marketing untuk perusahaan menengah.

Perusahaan kelas menengah yang tengah berkembang tentu akan memiliki kendala pada sumber daya, finansial maupun kendala pada infrastruktur. Dengan kondisi seperti ini, maka sudah sangat penting bagi perusahaan untuk bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan dibandingkan mengeluarkan biaya marketing yang berlebihan. Untuk itu diperlukan strategi yang efektif untuk bisa meraup keuntungan yang lebih besar tersebut. Berikut adalah beberapa strategi marketing yang efektif untuk mempercepat pertumbuhan perusahaan kelas menengah.

1. Marketing Customer Experience

Pengalaman pelanggan merupakan salah satu marketing yang bisa diterapkan oleh perusahaan untuk bisa menarik keuntungan lebih dengan biaya marketing yang lebih ringan. Pengalaman pelanggan akan menjadi pembantu perusahaan untuk memasarkan produk yang Anda tawarkan. Sebagai contoh, seorang pelanggan yang sudah berlangganan dengan Anda selama setidaknya satu tahun dan merasa puas dengan produk yang Anda jual maka secara tidak langsung mereka akan menceritakan bagaimana pengalamannya berbisnis dengan Anda.

Dari perbincangan kecil yang dilakukan oleh pelanggan Anda kepada teman-temannya ini tidak menutup kemungkinan rekannya pun akan datang berlangganan kepada Anda. Selain itu, pelanggan lama Anda pastinya akan terus meningkatkan jumlah belanjanya.

2. Marketing berbasis data

Di era digital seperti saat ini, memasarkan produk tidak perlu lagi melakukan teknik pemasaran buta yang akan menghamburkan banyak uang. Anda kini bisa memasarkan produk yang Anda miliki menyesuaikan dengan data keperluan target pelanggan Anda. Dalam pemasaran digital, pelaku bisnis tidak hanya bisa melihat data lebih rinci, namun juga dapat menguji variasi-variasi lain untuk meningkatkan ROI dan memaksimalkan pemasaran. Marketing untuk perusahaan kelas menengah yang sukses ialah mereka yang dapat mengambil pandangan secara menyeluruh tentang marketing berbasis data dan menggabungkan dengan konsep branding, kreatifitas serta berdasarkan analisa data.

3. Marketing berbasis teknologi

Apakah berbeda marketing berbasis data dengan marketing berbasis teknologi? Ya, sangat berbeda. Meskipun keduanya sama-sama merupakan bagian dari marketing digital, keduanya memiliki teknik berbeda. Salah satu contoh marketing berbasis teknologi ialah seperti pemasaran melalui social media ataupun melalui TV.

Hanya saja, untuk perusahaan kelas menengah, marketing dengan menggunakan media seperti TV membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena tujuan strategi marketing disini adalah untuk perusahaan yang baru berkembang, tentu kami akan menyarankan pemasaran melalui social media maupun internet marketing.

Hampir semua strategi ini bisa Anda minimalisir dengan menggunakan CRM. Sistem pada CRM dapat menganalisa, mengumpulkan data pelanggan/prospek yang akan membantu Anda untuk mempermudah memilih strategi marketing untuk pelanggan-pelanggan Anda.

Ilustrasi (c)  Maxpixel