Return to site

Strategi Penjualan Untuk Produk Yang Baru Launching

Sukses dalam menjual produk baru

· Tips Sales

Memiliki produk yang baru dilaunching tentu memiliki tantangan yang lebih berat untuk mencapai penjualan dengan stabil. Karena, kebanyakan produk yang baru launching ramai pembeli di awal-awal peluncuran saja. Lambat laun produk tersebut akan mengalami penurunan penjualan yang sangat tajam. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang menjalankan strategi potongan harga/diskon untuk produk baru. Sehingga, ketika produk tersebut sudah tidak ada diskon lagi, minat pelanggan pun mengalami penurunan.

 

Untuk itu, diperlukan strategi penjualan yang lebih efektif agar penjualan produk yang baru launching ini tetap stabil. Guna membantu Anda menemukan strategi yang tepat, berikut adalah beberapa tipsnya.

 

1. Mendiskusikan strategi antara sales dan marketing

Jangan membuat strategi penjualan secara tertutup. Tim sales membutuhkan masukan-masukan dari tim marketing untuk mengetahui apa yang dibutuhkan agar menghasilkan penjualan dengan baik. Jika tim sales dan tim marketing tidak dapat bekerja sama (menjalankan strategi tertutup), maka strategi pemasaran dan penjualan yang dilakukan pun tidak dapat dihasilkan dengan maksimal.

 

2. Membuat perhatian publik sebelum produk diluncurkan

Beberapa bulan sebelum produk Anda diluncurkan, mulailah memperkenalkan produk pada publik dengan memberikan sedikit informasi tentang produk yang akan diluncurkan dalam waktu dekat tersebut. Memberikan informasi dan mengedukasi publik menjadi nilai lebih yang akan didapatkan oleh publik dan lebih siap menerima produk saat sudah diluncurkan.

 

3. Komitmen dalam menentukan prospek yang ideal

Ketika Anda menciptakan produk baru, tentu Anda membutuhkan pelanggan baru. Oleh karena itu, Anda harus mulai menentukan target pelanggan yang sesuai dengan produk tersebut. Sekalipun produk yang Anda miliki relevansi dengan produk sebelumnya, tentu minat pelanggan belum tentu sesuai dengan produk tersebut.

 

4. Mencari titik lemah produk dengan meminta feedback dari pelanggan

Sesaat setelah Anda meluncurkan produk dan sudah mendapatkan pembeli, mintalah feedback dari pelanggan. Kumpulkan poin-poin feedback negatif dari pelanggan untuk kemudian Anda tutupi kelemahan-kelemahan tersebut dengan perbaikan yang serius.

 

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk meluncurkan produk baru. Apabila ada hal lain yang ingin Anda tambahkan, jangan sungkan untuk menambahkan poin lain pada kolom subscribes di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com