Return to site

Strategi Sebelum Implementasi CRM

Kiat-kiat sebelum Anda memilih CRM

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia,CRM

Aplikasi CRM merupakan tools yang dapat membantu tim sales untuk mengelola hubungan dengan pelanggan menjadi lebih teratur. Namun, untuk mencapai manfaat tersebut, perusahaan perlu menjalankan strategi yang tepat sebelum mengimplementasi CRM untuk bisnisnya. Karena, kesuksesan implementasi CRM bergantung pada kesuksesan dalam menjalankan CRM sesuai dengan kegunaannya bukan asal menggunakan CRM. Apa saja yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mengimplementasi CRM dengan benar? Berikut adalah beberapa strategi yang harus diterapkan.

1. Dukungan dari eksekutif perusahaan

Eksekutif perusahaan mulai dari CEO hingga leader masing-masing departemen memiliki peran penting dalam pengadaan CRM. Ketika para eksekutif perusahaan tidak memperhatikan CRM sebagai aset penting untuk mencapai hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, maka tim juga tidak akan memaksimalkan aplikasi ini dalam strategi penjualan maupun pemasaran.

Atau, ketika leader menyarankan perusahaan mengimplementasi CRM, maka eksekutif perusahaan perlu mengapresiasi saran tersebut dengan memberikan lampu hijau kepada leader untuk menggunakan CRM. Karena, bagaimanapun juga penggunaan CRM adalah untuk mendorong aktivitas penjualan yang dapat mendorong peningkatan pendapatan. Jika eksekutif perusahaan menghalangi ide ini, tentu perusahaan juga yang akan mengalami kerugian.

2. Lakukan seleksi penyedia CRM

Setelah mendapat persetujuan atau dukungan dari eksekutif perusahaan, strategi selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mulai menyeleksi penyedia CRM. Jangan asal memilih CRM dengan penawaran harga murah, tetapi utamakanlah tingkat kepercayaan dari penyedia tersebut. Bagaimana memilih CRM yang tepat? Yang terbaik untuk memilih CRM dengan tepat adalah dengan mengevaluasi fitur CRM yang sesuai dengan bisnis Anda. Serta kemudahan perusahaan untuk menjangkau penyedia jika sewaktu-waktu perusahaan mengalami masalah seperti kehilangan data atau ketika tidak dapat mengakses data.

3. Rencana jangka panjang dengan CRM

Strategi pertama dan kedua sudah Anda laksanakan dengan baik, selanjutnya adalah membuat rencana jangka panjang yang ingin Anda capai dengan implementasi CRM.  Jangan sampai aplikasi yang sudah Anda terapkan ini hanya menjadi pelengkap tanpa tujuan yang jelas mengenai apa yang selanjutnya akan Anda lakukan dengan CRM.

4. Pelatihan sistem dari penyedia

Strategi keempat adalah mengetahui bagaimana penyedia memberikan waktu kepada tim Anda. Tidak semua salesperson memahami penggunaan CRM di awal implementasi. Jadi, tanyakan pada penyedia CRM yang akan menjadi mitra Anda, apakah mereka sanggup memberikan waktu untuk tim Anda dalam memberikan pelatihan hingga benar-benar mahir atau tidak.

5. Pengadaan

Ketika Anda sudah berhasil menjalankan strategi-strategi yang kami sebutkan di atas, itu artinya Anda sudah siap untuk pengadaan (deployment) aplikasi CRM untuk perusahaan Anda. Selanjutnya adalah bagaimana tim Anda bekerja dengan memaksimalkan data pada CRM untuk mencapai penjualan dengan lebih maksimal melalui hubungan yang baik dengan pelanggan serta mempelajari bagaimana cara menyaring leads yang berkualitas untuk dijadikan prioritas.

Membutuhkan saran lebih untuk menggunakan CRM atau membutuhkan penyedia CRM dari Indonesia untuk membantu bisnis Anda? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com. Tim kami akan dengan senang hati melayani Anda dengan baik. Setiap email yang kami terima akan diproses maksimal 2x24 Jam.

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK