Return to site

Sukses Memasarkan Produk UKM & Start-Up Melalui Event

Sukses marketing dengan event

· Tips Marketing

Memasarkan produk melalui event merupakan cara lama yang masih sangat efektif untuk menciptakan penjualan. Selain untuk memasarkan produk secara langsung, mengikuti event merupakan program yang sangat tepat untuk menambah relasi dan juga untuk bertatap muka dengan prospek.

Meskipun saat ini sudah ada banyak media online yang dapat Anda jadikan tempat untuk memasarkan produk, mengikuti event memiliki keuntungan sendiri untuk Anda. Dimana kepercayaan prospek akan lebih meningkat ketika mereka dapat bertemu langsung dengan pemilik bisnis dan melihat bentuk nyata dari produk yang ditawarkan.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan agar memasarkan produk melalui event dan menjadikannya sebagai strategi yang sukses untuk bisnis Anda.

1. Lakukan riset event yang akan Anda ikuti

Jangan hanya melihat dari besarnya event yang akan Anda ikuti. Karena nama besar sebuah event tidak menentukan keberhasilan Anda dalam menjalankan strategi ini. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk melakukan riset event tersebut untuk memastikan sesuai dengan bisnis Anda. Jika Anda merasa event yang menjadi target Anda sesuai, segeralah melakukan perencanaan baik itu berupa strategi, materi kampanye dan lain sebagainya yang mendukung kesuksesan marketing Anda.

2. Buat booth yang menarik

Mengikuti event tentu Anda membutuhkan booth sebagai tempat Anda memamerkan produk. Buatlah booth yang menarik dan terlihat mencolok dibandingkan dengan booth lainnya. Strategi ini akan menarik perhatian para pengunjung. Sehingga, mereka akan mencoba untuk mendekati booth Anda walau hanya sekedar melihat. Disaat yang sama, Anda dapat memberikan kartu bisnis kepada orang-orang yang melihat-lihat produk Anda. Jangan membagikan kartu bisnis Anda pada semua orang yang lewat, karena itu bukan cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan. Berikanlah kartu nama Anda ketika pengunjung bertanya banyak hal tentang produk yang Anda miliki.

3. Buat program yang mengundang pengunjung dan buatlah penjualan dengan cara yang mudah

Buatlah program-program menarik yang dapat mendatangkan pengunjung untuk menghampiri booth Anda. Anda data membuat program-program yang berhubungan dengan penjualan saat itu juga dengan memberikan fasilitas pembayaran yang mudah seperti dengan mobile wallet, kartu kredit, debit maupun tunai.

Adapun program yang dapat Anda jalankan adalah program give away atau rewards untuk pengunjung. Ingat, jangan memberikan diskon berlebihan jika Anda ingin membuat program diskon. Fokuskan penjualan Anda untuk mendapatkan pelanggan berkualitas.

4. Kumpulkan kontak prospek

Hal terakhir dan sangat penting yang harus Anda lakukan adalah menyimpan kontak prospek-prospek Anda. Jadikan pameran ini sebagai bahan untuk mengumpulkan prospek berkualitas. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang paling maksimal dalam pengumpulan kontak ini adalah dengan mempersiapkan platform CRM jauh sebelum event ini dimulai. Dengan CRM, selain memudahkan Anda untuk menyimpan kontak prospek, Anda juga dapat mengetahui, apakah prospek Anda ini sudah mengikuti event sebelumnya yang Anda ikuti atau tidak.

Dengan menerapkan empat tips yang kami sebutkan ini, kami harap pemasaran yang Anda lakukan dengan mengikuti event dapat berjalan dengan baik dan mencapai kesuksesan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK