Return to site

Sukses Membangun Jaringan Bisnis Dengan Cara Ini

Pengembangan jaringan untuk penjualan

· Sales Strategy

Jaringan bisnis akan selalu menjadi faktor penting dalam kesuksesan penjualan Anda. Memiliki jaringan yang baik tentu akan berimbas pada semakin membaikknya penjualan. Selain itu, memiliki jaringan juga dapat memudahkan Anda dalam memasarkan produk guna menyesuaikan target market. Tetapi, dalam membangun jaringan, Anda tidak dapat melakukannya dengan asal-asalan. Berikut adalah tips untuk mulai membangun jaringan Anda.

1. Selalu disiplin dalam jaringan

Jaringan akan berawal dari perkenalan, jika Anda ingin mulai membangun jaringan maka jangan pernah datang terlambat saat Anda akan mulai berkumpul dengan orang-orang. Hadir lebih awal akan memancing anggota lain untuk menyapa Anda. Ketika menyapa, kesempatan Anda untuk mulai ngobrol dan bertukar informasi pekerjaan dan hal-hal lainnya.

2. Jangan ragu untuk bertanya

Sebagai seorang sales, Anda tidak boleh ragu untuk menyapa orang-orang lain dalam sebuah pertemuan. Jika Anda menemukan orang-orang yang sedang berkelompok berbincang, Anda dapat berkumpul dengan mulai bertanya “bolehkah saya bergabung?” dan semacamnya. Kemudian dengarkan dengan seksama ketika Anda sudah bergabung dengan mereka. Sesekali ajukan pertanyaan pertanyaan ringan lainnya.

3. Mengurangi pembicaraan yang berpusat pada produk

Sebelum Anda belum memahami lawan bicara Anda, jangan sesekali Anda langsung menawarkan produk Anda. Anda hanya perlu menunggu waktu ketika orang di depan Anda tersebut mulai bertanya-tanya perusahaan Anda, bidang bisnis dan produk. Ketika ada ketertarikan tersebut, Anda dapat mulai meminta kontak dan menjalin hubungan lebih jauh untuk penjualan.

4. Menunjukkan sikap yang menyenangkan

Tunjukkan bahwa Anda memiliki semangat, salurkan semangat Anda kepada orang-orang yang Anda ajak bicara. Dengan cara ini Anda dapat menarik perhatian mereka dan jangan lupa untuk memberikan senyuman kepada mereka untuk menarik perhatian dan jangan pernah memutus percakapan, lebih seksama dalam mendengarkan akan membuat kesan yang baik dan dapat memudahlan mereka dalam mengingat Anda. 

5. Follow up saat ada kesempatan

Jaringan adalah awal dari percakapan, jika Anda mendapatkan orang yang cocok untuk Anda dekati lebih jauh guna menawarkan produk, mulai lah mengajak dia melakukan pertemuan ulang. Jika tidak memungkinkan Anda dapat menghubungi melalui email atau dengan saling menyapa di social media. Lihatlah respon lawan bicara Anda, jika ada ketertarikan darinya, ia akan berbalik menghubungi Anda dan mulai membahas hal yang akan mendekati penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK