Return to site

Survey: Migrasi Perusahaan IT Pada Cloud [Infografik]

Perusahaan IT terus bermigrasi ke teknologi cloud

· News

Pertumbuhan cloud dari tahun ke tahun semakin membaik. Dari hasil survey yang dilakukan oleh Extreme Networks baru-baru ini menujukkan bahwa 59 persen manager IT dan jaringan akan menggunakan cloud untuk mendukung e-mail di institusi mereka. Sedangkan 41 persen responden memutuskan untuk menggunakan cloud sebagai tempat penyimpanan data perusahaan.

 

Survey ini melibatkan 630 manajer IT dan jaringan yang tersebar di seluruh dunia. Mayoritas responden adalah mereka yang bekerja di departemen IT di institusi-institusi pendidikan tinggi (universitas) yang mendukung sekitar 5000 pengguna.

 

Dari hasil riset tersebut dihasilkan data sebagai berikut.

 

1. Lebih dari 17 persen responden telah menerapkan jaringannya pada sistem cloud.

2. Hampir 55 persen dari responden sedang melakukan riset internal atau berencana untuk menerapkan solusi cloud dalam dua tahun kedepan. Jumlah ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang berada pada kisaran 41 persen.

3. Selama lima tahun kedepan, 34 persen responden berencana untuk melakukan pengelolaan data center, 35 persen berencana untuk melakukan pengelolaan server dan 26 persen berencana untuk melakukan pengelolaan jaringan.

4. Alasan utama untuk berpindah untuk menggunakan teknologi cloud diantaranya adalah peningkatan keamanan yang diambil dari 76 persen responden.

5. Alasan lain adalah meningkatkan akses terhadap sumber daya dari lokasi manapun yang mencapai 60 persen serta kemudahan dalam pengelolaan data yang mencapai 55 persen.

6. Kekhawatiran responden terhadap cloud meliputi keamanan, biaya, keandalan dan keamanan pengguna.

7. 70 persen responden memperkirakan semakin meningkatnya jaringan, 65 persen berharap dapat meningkatkan dukungan ketika mengalami peningkatan pengguna.

8. Hanya 41 persen yang memperkirakan anggaran IT akan mengalami kenaikan.

 

Berikut adalah data hasil survey yang dirangkum dalam infografik oleh Extreme Networks

broken image

Ilustrasi (c) Pixabay.com

Infografik (c) Extreme Networks