Return to site

Tahap Penjualan Demi Keberhasilan Penggunaan Sistem CRM Untuk Bisnis Anda

· Tips Sales

Manajemen hubungan pelanggan (CRM) penting dalam bisnis apa pun karena setara dengan peningkatan profitabilitas, produktivitas, loyalitas, dan kepuasan pelanggan. Ada banyak jenis perangkat lunak CRM, yang berbeda sesuai untuk industri dan ukuran daftar yang berbeda. CRM yang efektif terdiri dari strategi, aktivitas, dan media untuk mengelola komunikasi sambil membangun hubungan dengan prospek saat ini dan prospek potensial. Namun, Anda harus mengerti bagaimana cara Anda mengikuti setiap tahap dalam proses penjualan dari awal hingga menjadi pelanggan setia dengan penerapan sistem CRM ini.

Kesadaran

Dengan menggunakan CRM, Anda akan menemukan berbagai data yang dimasukkan seperti informasi kontak, nama, bisnis, dan detail identitas lainnya yang mereka berikan. Pada titik ini, mereka adalah petunjuk yang kemudian harus Anda identifikasi dengan hubungan dan juga melalui penyimpanan data pada sistem CRM.

Pelayanan

Saat prospek membalas email atau mengklik tautan, artinya mereka mulai menunjukkan adanya minat terhadap merek atau layanan Anda. Bagaimana Anda tahu apa yang mereka lakukan atau siapa yang melakukannya? Sistem CRM akan mengirimkan informasi aktivitas mereka pada sistem dengan pembaruan yang dilakukan oleh tim..

Peluang Penjualan

Ketika seorang prospek menjadi hot lead, Anda telah memasuki peluang bisnis baru yang potensial karena mereka telah menjadwalkan panggilan penjualan. Ini berarti Anda memasukkan prospek ke pelacakan/tracking penjualan Anda. Dari sini, status lead bisa ke banyak arah, seperti hot lead, audit yang ditinggalkan, memenuhi syarat setelah audit, melakukan panggilan untuk meeting, melakukan panggilan untuk meminta demo, menjadi pelanggan dan menjadi sumber rujukan.

Kesepakatan

Inilah yang mengarah pada semua pelayanan dan keterlibatan Anda, titik di mana prospek bergerak ke ujung proses penjualan Anda dan berkata, "Ya."

Pengiriman

Pada tahap ini, Anda memetakan jangkauan ke prospek sepanjang siklus penawaran yang mereka terima. Ini bisa terlihat sangat berbeda tergantung pada penawarannya. Untuk paket sesi pelatihan, misalnya, Anda dapat mengotomatiskan pengingat janji temu, tindak lanjut setelah sesi, dan lembar kerja untuk dikirim pada titik yang berbeda di sepanjang waktu pelatihan.

Upsell

Terkadang prospek Anda adalah orang-orang yang sudah berbisnis dengan Anda. Pikirkan kembali pembukaan artikel ini ketika saya mengusulkan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang ada, bukan menjangkau lebih banyak prospek baru. Salah satu cara tercepat untuk meningkatkan angka penjualan Anda adalah dengan memindahkan orang dari penawaran utama Anda ke upselling. Anda dapat mengotomatiskan ini dengan menetapkan kriteria untuk tindakan yang dilakukan orang-orang dalam penawaran utama Anda yang membuat mereka memenuhi syarat untuk upsell.

Kontinuitas

Kontinuitas sangat berharga karena pelanggan sebelumnya yang bahagia lebih cenderung merujuk seseorang untuk membeli atau menggunakan produk Anda saat Anda tetap menjadi yang terdepan.