Return to site

Target Lebih Dari Sekedar Lead

· Tips Sales,Strategi Sales

Semua orang ingin mendapatkan lead yang banyak dan berharap semua lead yang didapatkan akan melakukan pembelian. Namun, bukan demikian cara kita untuk menemukan pelanggan yang berkualitas. Bukan seberapa banyak lead yang didapatkan, tetapi harus memperhatikan seberapa besar kualitas dan nilai dari lead tersebut untuk mencapai pembelian. Penjualan akan selalu mudah dilakukan apabila tim sales dan tim marketing memiliki kesamaan nilai dari kualitas lead yang didapatkan. Dalam hal ini, kami menyebutnya sebagai target pelanggan. Di mana, target pelanggan adalah seorang lead yang memiliki profil yang sama dengan kualifikasi prospek/pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan.

Target bukanlah seorang lead, mereka bisa merupakan seseorang yang belum memiliki kesiapan untuk melakukan pembelian. Namun, ketika Anda sudah melakukan riset mengenai target, Anda menemukan kecocokan antara produk yang Anda miliki dengan solusi yang mereka harapkan. Sebelum Anda mulai mendekati sosok ini, artinya mereka adalah target pelanggan yang ingin Anda dapatkan. Contoh, Anda menjual produk berupa tinta foto copy misal, Anda tahu bahwa perusahaan A memiliki kebutuhan akan tinta foto copy dalam jumlah besar, namun mereka belum pernah menerima penawaran Anda. Pengetahuan Anda terhadap perusahaan A ini menjadikannya sebagai target Anda. Ini justru memberikan jalan yang lebih baik untuk Anda dalam menghasilkan penjualan daripada Anda menawarkan suatu produk pada lead yang tidak pernah Anda ketahui sebelumnya.

Dikarenakan Anda tahu bahwa solusi yang Anda miliki sesuai dengan kebutuhan target, maka Anda pun dapat mengembangkan strategi yang lebih terfokus untuk menghasilkan proses pendekatan yang menghasilkan kepercayaan dan tercapainya penjualan. Terlebih lagi ketika target yang ada dalam radar penjualan Anda ini memiliki mitra yang sudah menjadi pelanggan Anda terlebih dahulu. Maka potensi untuk menghasilkan penjualan akan menjadi lebih besar lagi.

Jika kami memberikan kesimpulan, Anda bisa memperbanyak lead untuk menambah peluang. Tetapi, Anda harus memperhatikan sejauh mana Anda dapat mengenali lead. Menyesuaikan lead dengan target adalah cara yang jauh lebih efektif untuk menghasilkan penjualan dibandingkan dengan metode pendekatan terhadap banyak lead namun tidak sesuai dengan target.

Ilustrasi (c) Unsplash.com