Return to site

Teknologi Hadir Bukan Untuk Mengganti Sales, Tapi…

Benarkah salesperson terancam dengan teknologi?

· News

Banyak salesperson yang beranggapan bahwa kehadiran teknologi hanya akan mengganti posisi dan peran sales. Padahal, anggapan tersebut hanyalah kesalahan belaka. Memang, sebagian dari tenaga manusia sudah digantikan oleh teknologi. Tetapi, khusus untuk sales, teknologi belum mampu menggantikan posisi ini dengan mudah. Pasalnya, penjualan harus terjadi dari komunikasi dua arah antara prospek/pelanggan dengan salesperson.

Berikut adalah beberapa salah kaprah penilaian salesperson terhadap kehadiran teknologi untuk sales yang pernah dan masih terjadi saat ini:

1. Spreadsheet

Pada masa kejayaannya, spreadsheet dianggap akan mengganti posisi dari lead generation. Nyatanya, spreadsheet justru menghadirkan kemudahan kepada sales dan marketer untuk mencapai lead generation yang lebih baik.

2. CRM

CRM hadir bukan untuk membangun hubungan, tetapi teknologi CRM hadir untuk membantu tim sales untuk membangun hubungan. Artinya, CRM tidak dapat bekerja sendiri selayaknya robot yang tiba-tiba memasukkan data begitu saja selama proses pendekatan dengan prospek. Namun, peran serta dari sales lah yang membuat CRM ini menjadi teknologi berguna. Suksesnya CRM bergantung pada data dari salesperson.

3. Analytics

Kehadiran tekonologi analisa yang dapat digunakan oleh sales dianggap akan menghapus kemampuan tim sales untuk menganalisa pasar. Tetapi, teknologi ini hadir guna memudahkan tim sales untuk menciptakan arah tren dan analisa yang lebih akurat dari tim sales.

Selain tiga teknologi ini, banyak sekali teknologi-teknologi baru yang hadir untuk memudahkan kinerja salesperson tetapi dianggap sebagai ancaman untuk karir dari salesperson itu sendiri. Namun, kami ingatkan Anda kembali, jangan takut kehilangan posisi Anda sebagai sales karena teknologi. Tetapi, berbahagialah dengan kehadiran teknologi untuk sales.

Kesimpulan

Teknologi memang dibutuhkan oleh tim sales dan tidak akan mampu menggantikan kemampuan alami dari tim sales. Karena sejatinya kehadiran teknologi adalah untuk membantu, bukan untuk menggantikan posisi sales.

Semoga artikel ini membuat Anda para sales lebih sadar akan kehadiran teknologi dan tidak menganggap teknologi sebagai ancaman. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar Anda untuk berbagi sudut pandang terhadap kehadiran teknologi untuk sales di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly