Return to site

Tips Agar Tim Sales Bersedia Menjalankan Strategi Baru

Mengatasi tim yang kesulitan beradaptasi dengan strategi baru

· Sales Strategy,Leadership

Tugas besar dari sales manager adalah mengembangkan semua tim untuk bisa bekerja dengan senang hati agar dapat mengembangkan perusahaan. Termasuk diantaranya adalah kesiapan tim dalam mengimplementasikan strategi-strategi baru dalam penjualan. Tim sales yang sudah terbiasa dengan strategi tertentu dan sudah merasa nyaman dengan strategi tersebut, dapat lebih sulit untuk menerima strategi baru yang diberikan oleh perusahaan. Untuk itu, sales leader perlu memikirkan berbagai macam cara agar tim yang ia miliki dapat mengimplementasikan strategi baru tersebut. Lalu, bagaimana cara agar Anda dapat melakukan hal tersebut? Berikut adalah beberapa tips untuk Anda.

1. Menjelaskan tindakan yang harus dilakukan oleh tim dengan strategi baru perusahaan

Karena strategi membutuhkan tindakan, maka Anda harus mengatakan kepada tim, apa saja yang harus dilakukan oleh tim untuk mengerjakan strategi baru ini. Anda juga perlu menjelaskan kepada tim, mengapa tim sales akan lebih baik dengan strategi ini dibandingkan dengan strategi sebelumnya.

2. Memotivasi tim untuk terus mengimplementasikan strategi baru ini

Ketika Anda sudah memberikan penjelasan yang cukup baik kepada tim mengenai tindakan-tindakan yang harus dilakukan. Selanjutnya, Anda perlu memberikan motivasi kepada tim untuk terus konsisten dalam menjalankan strategi baru ini. Katakan kepada mereka, bahwa memang sulit untuk bisa beradaptasi dengan strategi baru, tetapi bukan berarti mereka tidak bisa melakukannya. Salah satu bagian penting yang dapat memotivasi tim untuk terus menjalankan strategi ini adalah dengan menjelaskan manfaat-manfaat yang didapatkan oleh tim yang tidak akan didapatkan jika mempertahankan strategi lama.

3. Melatih tim sales untuk mengembangkan potensi diri dengan strategi baru

Anda sebagai sales leader perlu mengoptimalkan potensi dari dalam dirinya agar bisa berkembang. Latihlah tim Anda untuk membuka potensi tersebut melalui pelatihan agar bisa menjadi salesperson yang lebih berkualitas. Pelatihan ini tentu harus yang sesuai dengan usaha Anda untuk membawa tim mampu menjalankan strategi penjualan baru yang ditetapkan oleh perusahaan.

4. Memberikan reward kepada tim yang sukses menjalankan strategi baru

Satu hal penting yang perlu Anda ingat adalah untuk memberikan penghargaan kepada tim yang sudah mengikuti aturan perusahaan dengan baik. Penghargaan tersebut dapat berupa reward voucher belanja, bonus insentif, outbound dan lain sebagainya. Tetapi, ingatkan tim Anda untuk bekerja bukan untuk rewards, melainkan untuk mengembangkan diri mereka serta untuk kebaikan perusahaan.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan tim agar dapat menjalankan strategi penjualan baru sesuai harapan Anda dan perusahaan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com