Return to site

Tips Leader: Feedback Negatif Untuk Tim Itu Terkadang Diperlukan

Feedback negatif untuk membangun

· Leadership

Kami sering mengingatkan Anda untuk tetap menjaga moral tim saat mengalami kegagalan. Dengan mengingatkan mereka pada hal-hal positif serta memberikan feedback positif untuk tim Anda. Meskipun demikian, kami tidak melarang Anda untuk memberikan feedback negatif atas kinerja yang dicapai oleh tim. Anda juga berhak untuk memberikan feedback negatif kepada tim dengan tujuan untuk meningkatkan kinerjanya, bukan sebagai bagian untuk mengolok-olok mereka.

 

Komentar atau feedback negatif yang Anda berikan kepada tim dapat memberikan beberapa nilai positif berikut ini.

 

1. Feedback negatif dapat mendorong pada performa yang lebih baik

Ketika Anda sudah mencoba untuk memberikan suntikan moral kepada tim, tetapi tidak ada perbaikan yang signifikan hingga beberapa kali bantuan, ini adalah waktu yang tepat untuk Anda memberikan feedback negatif pada tim. Ungkapkan kekecewaan Anda kepada mereka dengan cara yang baik disertai dengan penyampaian yang dapat mendorong performa mereka. Hindari feedback negatif dengan nada pengucapan yang kurang baik, karena ini justru dapat mengganggu kinerja tim.

 

2. Memperbaiki kerjasama tim

Tim yang bekerja secara individu merupakan budaya yang harus segera Anda hilangkan dari budaya perusahaan. Karena ini dapat merusak semua elemen dalam perusahaan termasuk rusaknya reputasi perusahaan dan minimnya pendapatan yang dihasilkan. Oleh karena itu, berikan feedback negatif kepada tim Anda jika mereka hanya peduli pada cara kerja secara individual. Biarkan mereka beripikir untuk bekerjasama dengan baik untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan bersama-sama.

 

3. Membuat tim Anda lebih paham akan posisinya

Ketika Anda memberikan feedback negatif kepada tim sales, itu merupakan langkah yang tepat untuk mengingatkan kembali siapa mereka dan betapa pentingnya posisi yang ia duduki saat ini bagi perusahaan. Jadikan momen ini sebagai pengingat bagi tim sales agar mereka sadar bahwa mereka merupakan kunci bagi kesuksesan bisnis perusahaan.

 

Jadi, jangan pernah takut untuk memberikan feedback negatif terhadap tim. Sampaikanlah feedback tersebut dengan cara yang baik dan tetap menjunjung sikap sopan, santun dan menghormati tim Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK