Return to site

Tips Memulai Hubungan Efektif Dengan Pelanggan

Trik memperbaiki hubungan dengan pelanggan bisnis

· Tips Sales

Setiap perusahaan yang memiliki hubungan efektif dengan pelanggan-pelanggannya dapat memberi efek pada kesuksesan dalam penjualan. Terlebih lagi dengan hadirnya berbagai macam teknologi untuk menunjang komunikasi, kemampuan sales dalam menjaga hubungan dapat meningkat dengan cepat.

Meski demikian, kenyataannya di lapangan banyak sales yang tidak bisa menjaga hubungan mereka dengan pelanggan-pelanggannya. Sekalipun bisa, hubungan mereka hanyalah hubungan biasa yang tidak efektif untuk menciptakan penjualan. Bagi Anda yang ingin memiliki hubungan dengan pelanggan dan efektif untuk meningkatkan penjualan, berikut tipsnya:

1. Selalu bersikap positif

Anda sudah mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menghidnari kesalahan saat melakukan pertemuan dengan prospek. Untuk bisa menjaga hubungan yang lebih dekat, maka Anda harus bisa selalu bersikap positif. Jika Anda merasa pelanggan melakukan suatu kesalahan, Anda jangan membalas kesalahan tersebut dengan sikap sinis. Balaslah dengan sikap positif dan jangan lupa untuk mengingatkan pelanggan dengan baik.

2. Jangan mengganggu

Menjaga komunikasi bukan berarti Anda terus melakukan panggilan tanpa memperhatikan waktu. Anda harus tetap melihat kondisi pelanggan. Sebagai contoh, saat pelanggan Anda berlibur, Anda jangan mengganggu waktu mereka dengan pertanyaan-pertanyaan seputar pembelian atau hal apapun yang berhubungan dengan pekerjaan mereka. Liburan artinya adalah waktu bebas untuk pelanggan Anda melupakan semua aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan. Jadi, jangan sekali-sekali Anda mengganggu waktu-waktu bebas pelanggan.

3. Menggunakan kata yang sederhana dan jelas untuk poin pembicaraan

Anda tidak harus berbicara panjang lebar kepada prospek untuk menjaga hubungan. Cukup dengan kata-kata sederhana/singkat tetapi dapat masuk pada poin utama dari maksud pembicaraan Anda. Dengan demikian Anda dapat mengurangi waktu prospek yang terbuang sia-sia hanya untuk mendengarkan Anda berbicara.

4. Aktif dalam mendengar

Perhatikan apa yang dikatakan oleh prospek/pelanggan ketika berbicara dengan Anda. Pastikan prospek/pelanggan tidak mengulang-ulang kata yang telah mereka ucapkan kepada Anda. Semakin sering ia mengulang, mereka akan kehilangan kesabaran dan mundur dari pembicaraan dengan Anda.

Itulah tips-tips untuk komunikasi yang efektif untuk Anda. Apakah Anda memiliki tips lain yang dapat membantu pembaca lainnya dalam memperbaiki kemampuan menjaga hubungan dengan pelanggan? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Pixabay.com