Return to site

Tips Meningkatkan Efisiensi & Efektivitas Tim Sales Dalam Menjual

Efisiensi cara kerja tim sales

· Leadership

Sebelum sales leader bertindak lebih jauh tentang perencanaan penjualan, ia harus memahami bagaimana memperhatikan timnya dalam bekerja lebih efisien. Seperti dengan mencari jalan terbaik mengatasi masalah penjualan tanpa proses yang amat sangat panjang, menemukan pelanggan dengan potensi penjualan berkelanjutan untuk waktu jangka panjang dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, sales leader juga harus mempertahankan sikap disiplin dalam tubuh tim dengan budaya internal yang menyenangkan.

Untuk mencapai efisiensi tersebut, sales leader harus bisa menjalankan dan memprioritaskan beberapa hal berikut ini.

1. Strategi penjualan yang lebih baik

Sales leader harus bisa memastikan bahwa tim sales memiliki dukungan penuh dari tim marketing baik dari segi pengenalan produk terhadap prospek hingga segmentasi target prospek yang mampu menghasilkan peluang terbaik guna mencapai target penjualan.

2. Management kemampuan tim agar seimbang

Kemampuan masing-masing anggota tim sales tentu memiliki perbedaan. Tak sedikit pula dari mereka menunjukkan perbedaan kemampuan yang sangat signifikan. Di sinilah peran penting seorang leader untuk membawa pertumbuhan kemampuan tim dengan management yang baik. Memberi pelatihan untuk anggota yang masih di bawah standar perusahaan dengan lebih intensif dibandingkan tim yang sudah lebih profesional. Jangan menjadikan perubahan formasi tim secara terus menerus. Karena perubahan tersebut justru membuat tim sales yang Anda miliki lebih sulit untuk bekerjasama.

3. Eksekusi penjualan

Sales leader harus bisa memastikan bahwa setiap proses penjualan yang dijalankan oleh tim sales sudah ditetapkan dan dipenuhi dengan baik. Artinya, eksekusi yang diharapkan oleh perusahaan berjalan dengan benar dan sesuai sales pipeline maupun sales funnel guna mencapai penjualan.

4. Produktivitas penjualan

Berikan feedback secara rutin kepada seluruh anggota tim yang dimiliki. Ini berlaku bukan hanya untuk yang minim pencapaian penjualan saja. Jika ada anggota tim yang mampu bekerja lebih produktif, berikan arahan pada mereka untuk membantu mereka yang gagal. Jangan selalu memuji keberhasilan anggota tim dan memperburuk mental tim yang gagal. Karena keberhasilan tim mencapai produktivitas penjualan yang baik adalah keuntungan bersama bukan hanya keuntungan Anda saja.

Apakah Anda sudah memiliki rencana baru setelah membaca artikel ini? Semoga rencana baru tersebut berhasil mencapai efektivitas yang lebih baik dalam penjualan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly