Return to site

Tips Sales: Percaya Diri Kunci Sukses Dalam Meeting

· Tips Sales

Penjualan akan dicapai oleh salesperson apabila mereka mengawali setiap pekerjaannya dengan kepercayaan diri yang baik. Maka dari itu, sebagai salesperson, Anda harus yakin bahwa Anda adalah seseorang yang layak untuk ditemui oleh prospek maupun pelanggan. Anda juga harus yakin bahwa Anda dapat menciptakan nilai bagi calon pelanggan Anda. Anda juga harus percaya pada produk atau layanan Anda. Semua ini yang akan membantu Anda untuk lebih siap dengan rutinitas Anda setiap harinya dan tentunya untuk menghasilkan penjualan.

Jika Anda tidak percaya dan dalam hati Anda merasa bahwa Anda adalah seseorang yang kurang layak untuk ditemui, maka prospek Anda akan lebih yakin untuk tidak menemui Anda karena dianggap hanya akan membuang waktu yang mereka miliki. Jika Anda ragu-ragu, Anda akan memberikan sinyal bahwa Anda tidak yakin bahwa waktu yang Anda minta untuk meeting dengan prospek akan sepadan dengan waktu yang prospek Anda miliki. Jika Anda ingin prospek Anda mengatakan "ya" atau setuju dengan ajakan meeting yang Anda inginkan ketika Anda menelepon mereka, maka Anda harus percaya bahwa Anda adalah seseorang yang layak untuk ditemui.

Anda juga harus yakin bahwa Anda dapat dan akan menciptakan nilai bagi prospek Anda selama pertemuan yang Anda minta dari mereka. Anda menjual proposisi nilai untuk meeting tersebut. Jika Anda tidak yakin tentang menjanjikan untuk menggunakan waktu tersebut dengan bijak, maka prospek Anda juga berhak menolak permintaan Anda. Anda harus tahu bahwa Anda bisa mendapatkan keuntungan dari prospek selama meeting, bahkan jika mereka tidak pernah membeli produk/layanan dari Anda.

Banyak penjual berpura-pura percaya diri dengan nama besar perusahaan atau produk atau layanan mereka. Namun, ketika mereka sudah berhadapan dengan prospek, mereka gagal menyampaikan pesan yang seharusnya disampaikan ketika meeting berlangsung. Semua ini hanya menambah kekecewaan prospek karena sudah meluangkan waktu dengan sia-sia. Kepercayaan diri tidak perlu dilakukan dengan cara yang tidak jujur, Anda harus yakin sejak dari awal tanpa harus menunjukkan Anda sangat yakin namun ketika meeting komunikasi yang terjalin tidak berhubungan dengan tujuan antara Anda dan prospek.

Pesan yang Anda sampaikan kepada prospek akan dapat disampaikan dengan baik dengan kesiapan dan pengetahuan Anda. Kesiapan dan pengetahuan ini akan menjadi lebih baik ketika Anda dapat menyampaikan pesan dengan baik kepada prospek. Pesan ini bisa disampaikan ketika Anda memiliki kepercayaan diri yang baik. Itulah mengapa kunci keberhasilan dalam penjualan adalah kepercayaan diri Anda sebagai sales.

Ilustrasi (c) Unsplash.com