Return to site

Tips Sales: Sampai Kapan Anda Akan Mempermasalahkan Harga?

Harga bukan segalanya untuk mencapai penjualan

· Tips Sales

Harga merupakan masalah yang akan terus menjadi sorotan bagi pelaku bisnis, salesperson dan pelanggan. Topik ini pun tidak akan pernah berhenti pada satu titik saja. Jika hari ini selesai, bisa saja dua atau tiga bulan ke depan, masalah harga ini akan kembali muncul. Meskipun demikian, sebagai seorang pelaku bisnis atau sales, Anda harus berani untuk mengambil risiko di cap sebagai perusahaan yang terlalu tinggi dalam menawarkan suatu produk maupun layanan. Karena, harga merupakan hak yang harus Anda berikan kepada pelanggan yang tentunya sudah disesuaikan dengan kualitas produk dan layanan Anda.

Memang, Anda bisa memberikan harga yang lebih murah kepada pelanggan dengan alasan untuk menarik pelanggan yang jauh lebih besar daripada kompetitor. Akan tetapi, konsekuensinya adalah, keuntungan yang Anda dapatkan pun akan semakin menurun. Contohnya cukup sederhana, Ketika Anda menjual produk seharga Rp20.000,- Anda berhasil menjual sebanyak 1000 unit. Harga ini pun sebenarnya sudah menekan keuntungan sebesar 50% dari yang seharusnya Anda dapatkan. Artinya, dengan harga tersebut Anda sudah mendapatkan Rp20.000.000,-. Padahal, harga dengan keuntungan 100% adalah sebesar Rp30.000,- anggap saja dengan harga ini Anda hanya mampu menjual 800 unit. Meskipun jumlah penjualan lebih sedikit, keuntungan yang Anda dapatkan akan jauh lebih besar. Yaitu pendapatan bisa mencapai Rp24.000.000,-.

Dari sini, seharusnya sudah cukup memberikan kekuatan kepada Anda untuk tidak lagi khawatir dengan masalah harga yang akan ditawarkan kepada pelanggan. Karena, sejatinya penjualan bukan hanya tentang produk saja, melainkan pelayanan pasca penjualan. Pelanggan juga demikian, mereka tidak serta merta memilih produk karena harga murah yang ditawarkan oleh perusahaan. Tetapi, pelanggan juga dapat mengambil keputusan untuk melakukan pembelian meskipun harga sedikit lebih mahal, namun pelayanan dan pengalaman jauh lebih baik.

Jika Anda terus takut dengan harga yang lebih tinggi, lalu harus sampai kapan Anda akan berperang melawan persaingan kompetitor yang pastinya juga bisa memberikan harga yang lebih murah daripada yang Anda berikan? Daripada Anda hanya memikirkan masalah harga dan khawatir produk tidak diminati, alangkah lebih bijak apabila Anda mulai fokus pada bagaimana membangun hubungan dengan pelanggan. Karena, dengan hubungan yang baik, solusi yang diberikan tepat, produk/layanan diterima sesuai ekspektasi pelanggan, maka harga bukan lagi masalah. Positifnya, selain dapat mengambil keuntungan 100%, Anda juga akan mendapatkan loyalitas dari pelanggan.

Maksimalkan usaha Anda untuk menjalin hubungan dengan pelanggan menjadi lebih baik melalui implementasi aplikasi/platform CRM. Ingin menggunakan aplikasi CRM sekarang? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly