Return to site

Tips Untuk Memastikan Sales Reps Siap Mengadopsi Sistem CRM

· CRM Di Indonesia,CRM Indonesia

Ketika Anda baru menggunakan sistem CRM, maka Anda akan mendapatkan penentangan dari tim sales yang Anda miliki. Memang, mereka tidak akan mengatakan langsung kepada Anda. Tetapi, ini akan menjadi pembicaraan antar sales reps (internal) atau hanya menyimpan di dalam benaknya sendiri. Ketika respon negatif seperti ini Anda dapatkan di awal adopsi sistem CRM, maka tugas Anda adalah untuk memberikan arahan supaya tim Anda tidak salah paham dengan penggunaan atau keberadaan sistem CRM. Untuk memudahkan Anda dalam proses akuisisi sistem CRM dan dapat diterima oleh tim Anda, maka Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Fokus pada beberapa fitur pada sistem

Setiap sistem memiliki fitur yang perlu dipelajari di masa awal adopsi sistem CRM. Fokus pada beberapa fitur penting sebelum tim memulai menjalankan sistem ini. Bahkan, Anda juga harus memasukkan orang-orang yang memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan di perusahaan Anda.

2. Memastikan tim menggunakan sistem secara rutin

Jangan biarkan tim Anda melupakan kehadiran sistem CRM dan tidak memaksimalkan sistem ini dengan berbagai alasan. Sebagai leader Anda harus siap untuk menuntun tim Anda agar menggunakan sistem ini secara rutin. Jika tidak, sebagus dan selengkap apa pun fitur yang ada pada CRM tidak akan pernah membantu memperbaiki hubungan dengan pelanggan dan juga tidak akan membantu meningkatkan penjualan Anda.

3. Buatlah sistem CRM menjadi lebih sederhana

Sistem CRM yang sudah disediakan oleh penyedia sistem seperti Sales1, tentu tidak dapat Anda ubah. Fitur-fitur yang ada sudah tersemat pada sistem yang harus Anda ikuti. Tetapi, Anda tetap bisa menyederhanakan penggunaan sistem ini dengan beberapa hal berikut

  • Memasukkan data sesingkat mungkin tetapi tetap menyampaikan maksud dan tujuan
  • Kurangi poin-poin yang tidak diperlukan (umumnya, akan ada bagian opsional pada sistem. Bagian opsional ini yang dapat Anda kurangi)
  • Mencakup semua informasi tanpa harus menuliskan dengan panjang lebar pada sistem. Ini umumnya terjadi pada awal-awal proses adopsi sistem CRM. Banyak yang menuliskan pesan yang panjang namun dustru informasi yang diberikan menjadi kurang dapat difokuskan.

Dari tiga poin ini, Anda sudah dapat membimbing tim Anda untuk menggunakan sistem CRM dengan baik dan input data yang informatif. Jika Anda ingin menggunakan sistem CRM dari Sales1 dan membutuhkan waktu untuk training, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Property of Sales1