Return to site

Tips Untuk Membangun Tim Sales Berkualitas

Tim berkualitas memiliki hubungan internal dan budaya yang baik

· Leadership

Memiliki tim sales yang berkualitas adalah impian yang sangat besar bagi sales leader maupun perusahaan. Karena tim sales berkualitas akan membawa penjualan yang baik untuk perusahaan. Bukan hanya penjualan yang berkualitas, tetapi budaya dalam perusahaan pun akan lebih baik.

Jika tim sales berkualitas itu dinilai dari penjualan saja, tetapi budaya dalam perusahaan masih jauh di bawah nilai baik, itu masih belum bisa dikatakan dengan tim sales yang berkualitas. Begitu juga sebaliknya, budaya tim dalam perusahaan baik, tetapi penjualan tidak begitu baik, itu juga belum bisa dikatakan dengan tim berkualitas.

Membangun tim sales berkualitas bukan dengan merekrut sales-sales berpengalaman saja, tetapi juga merekrut kandidat yang memiliki kemampuan untuk bekerja sama. Untuk memudahkan Anda dalam membangun tim sales berkualitas, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1. Merekrut atau menjaga semangat tim untuk bekerja dengan tulus

Sebelum Anda membangun tim sales berkualitas, Anda harus memiliki kemampuan untuk menjaga semangat tim dalam bekerja. Biasakan mereka untuk bekerja dengan ikhlas dan tanpa beban. Kita tahu, menjadi sales membutuhkan tenaga dan pikiran setiap harinya. Menjadi sales pun dapat mempengaruhi mental sales yang awalnya bekerja dengan semangat menjadi malas ketika menghadapi masalah yang berat. Selain menjaga semangat tim yang sudah Anda miliki saat ini, jika Anda nanti ingin menambah anggota tim, usaha yang harus dilakukan adalah dengan mencari kandidat yang memiliki semangat untuk meniti karir sebagai sales dengan baik.

2. Ajarkan tim Anda untuk menjaga hubungan baik internal maupun dengan pelanggan

Sales adalah pekerjaan yang tidak pernah lepas dengan hubungan, jika Anda menginginkan tim yang berkualitas, maka Anda harus bisa membawa mereka saling terhubung baik sesama sales, dengan tim marketing maupun staf lainnya di dalam perusahaan. Apabila tim sudah bisa saling terhubung secara internal, tingkatkan level mereka dengan mengajarkan pentingnya menjaga hubungan dengan pelanggan. Karena hubungan dengan pelanggan adalah aset untuk masa depan perusahaan yang menentukan penjualan-penjualan baru dari pelanggan yang sudah dimiliki.

3. Ajarkan tim Anda untuk memantau dan mengelola data

Tim sales berkualitas tentu juga memiliki kelemahan, terutama untuk memantau maupun mengelola data. Alasannya adalah, pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya tersebut sebagian besar dihabiskan untuk bertemu dengan prospek. Yang artinya, mereka memiliki waktu yang sangat sedikit untuk menganalisa data-data yang mereka miliki di kantor.

Untuk itu, ajarkan mereka untuk menggunakan platform yang dapat memudahkan mereka dalam memantau maupun mengelola data agar usaha penjualannya berjalan dengan baik. Mengimplementasikan aplikasi CRM untuk tim merupakan cara terbaik untuk mengembangkan kinerja mereka baik secara tim maupun individual. CRM juga dapat memudahkan tim Anda untuk mewujudkan poin kedua yakni menjaga hubungan internal maupun dengan pelanggan.

Itulah tips untuk mengembangkan tim sales berkualitas yang dapat kami berikan kepada Anda. Apabila ada tips lain yang ingin Anda sampaikan, Anda dapat menyampaikan tips Anda melalui kolom komentardi bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK