Return to site

Tips Untuk Mempersiapkan Tim Sales & Tim Marketing Menghadapi AI

Integrasi AI dengan data dan keterampilan tim

Masa depan sales dan marketing akan selalu bergantung pada data. Dengan pengelolaan data yang rapih, tim akan mendapatkan penjualan yang lebih baik atau setidaknya mampu menghadapi gejolak pasar yang sedang tidak berjalan dengan positif atau dalam artian sedang dalam masa-masa penurunan. Artificial Intelligence (AI), dapat menjadi solusi bagi tim sales maupun tim marketing untuk menyempurnakan pengelolaan data-data perusahaan.

Namun, yang jadi pertanyaan adalah, seberapa siap tim sales dan tim marketing untuk mengadopsi teknologi ini? Kesiapan tim dalam menyambut teknologi AI menjadi sebuah keharusan. Karena, mereka yang tidak siap akan beranggapan bahwa teknologi hanya akan mengancam posisinya sebagai sales maupun marketer.

Ini tentu menjadi tugas dari sales leader, marketing leader dan pimpinan perusahaan guna menyadarkan betapa pentingnya kehadiran teknologi yang dapat mendukung kinerja tim sales dan marketing menjadi lebih baik. Untuk Anda yang berencana untuk menggunakan teknologi AI dalam sales maupun marketing, berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan tim Anda.

1. Membangun data yang lebih baik

Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang berpusat pada data. Mempersiapkan tim sales dan tim marketing untuk menghadapi teknologi ini adalah dengan memulai penyimpanan data-data berkualitas. Salah satu bentuk sederhana dari AI adalah CRM. Jika perusahaan sudah mengadopsi platform ini, maka sales leader dapat memulainya dengan memperbaiki kualitas data CRM sebelum nantinya mengadopsi teknologi AI yang dapat mengolah data dengan lebih kompleks.

2. Kolaborasi data tim sales dan tim marketing

Data yang dimiliki oleh tim sales dan tim marketing merupakan data bersama. Artinya, tim sales dan tim marketing harus berbagi data untuk bisa menunjang keberhasilan keduanya. Tim sales suit menjual, tim marketing tidak memahami profil pelanggan yang diinginkan. Hasilnya, keduanya tidak dapat bekerja dengan produktif. Ketika perusahaan tidak memperhatikan hal ini, implementasi AI pun tidak akan berjalan sesuai dengan harapan. Karena minimnya kolaborasi data tim sales dan tim marketing mengurangi akurasi dan kekuatan data untuk strategi penjualan maupun strategi pemasaran.

3. Menentukan fokus

AI hanyalah sistem atau program suatu komputer yang tidak memiliki kemampuan untuk menentukan fokus dalam penjualan. AI hanya membantu mengolah data, sedangkan eksekusi tetap bergantung pada sumber daya manusia. Siapkan tim Anda untuk mengenal apa saja yang harus mereka fokuskan dalam bekerja. Sehingga, ketika AI sudah memberikan hasil pengolahan data, tim menjadi lebih siap untuk mengambil keputusan.

Itulah beberapa tips untuk mempersiapkan tim Anda menyambut kehadiran teknologi AI untuk penjualan yang dapat kami berikan. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda dan tim.

Ilustrasi (c) Unsplash.com