Return to site

Tips Untuk Mengembangkan Skill Negosiasi Tim Sales

negosiasi dan penjualan yang harus seimbang

· Tips Sales

Keterampilan negosiasi dari salesperson merupakan penentu hasil akhir apakah akan berhasil atau gagal. Ketika sales representatif tidak memiliki keterampilan dalam negosiasi, tentu akan sulit bagi perusahaan untuk mencapai penjualan yang maksimal. Tim leader harus memberikan pelatihan-pelatihan kepada tim sales guna meningkatkan keterampilan negosiasi. Jika leader tidak mau tahu dengan masalah ini, bagaimana bisa ia mampu menjadi leader yang sukses membawa timnya bekerja lebih produktif?

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami ingin memberikan tips bagaimana cara agar tim sales yang berada di bawah bimibingan Anda memiliki keterampilan negosiasi yang lebih baik.

1. Ajarkan sales representatif untuk lebih memprioritaskan mendengar daripada berbicara dengan prospek

Kesuksesan penjualan bermula dari pengetahuan tim terhadap kebutuhan pelanggan dan masalah-masalah yang sering dihadapi. Selanjutnya, cari tahu solusi yang paling tepat yang dapat Anda tawarkan kepada prospek. Namun, untuk mencapai hal ini, tentu tim Anda harus memulainya dengan mendengarkan. Jika tim hanya menawarkan dan tidak mempedulikan kebutuhan pelanggan, sudah pasti tim Anda tidak memiliki bekal untuk menawarkan produk pada orang yang tepat.

2. Kurangi izin pemberian diskon

Diskon memberikan efek percepatan proses negosiasi. Tetapi, cara ini dapat mengurangi kemampuan tim Anda untuk mengenali masalah utama yang dihadapi oleh prospek. Sebagai contoh, ketika ada diskon sebesar 10% untuk pelanggan, tentu ini akan menghemt pengeluaran pelanggan. Tetapi, dari sisi tim sales, ia tidak dapat mengenali apa penyebab keraguan prospek untuk membeli produk yang ditawarkan oleh tim Anda. Berbeda jika tidak ada diskon, tim akan mengetahui apakah masalah budget yang menjadi penghambat atau ada hal lain yang bisa saja diungkapkan oleh prospek ketika mengalami masalah untuk melakukan pembelian.

3. Ajarkan tim Anda untuk mencapai target dan menguntungkan semua pihak

Dengan mengajarkan tim Anda untuk mencapai target penjualan, tentu ia akan terus berusaha memperbaiki kemampuan negosiasinya. Namun, mengajarkan untuk mencapai target saja tidak cukup. Anda juga harus mengajarkan tim Anda untuk menawarkan nilai yang dapat menguntungkan perusahaan dan pelanggan. Jika hanya menguntungkan untuk perusahaan dan tidak bagi pelanggan, suatu saat perusahaan dan produk yang ditawarkan tidak lagi menarik minat pelanggan.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan negosiasi tim sales Anda. Semoga tips ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki kualitas tim sales dalam mencapai penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com