Return to site

Tips Untuk Sales Manager Dalam  Memanage Tim

· Tips

Sistem sales management yang baik akan dapat menginspirasi dan memotivasi tim sales Anda. Sales manager terbaik dapat memahami teknik penjualan terbaru dan memanfaatkan praktik terbaik mereka untuk membantu tim mendapatkan lebih banyak kesepakatan dan meningkatkan pendapatan penjualan Anda. Namun, apakah Anda sudah mengerti dengan apa yang dimaksud dengan sales management (sales management)? Berikut akan kami jelaskan definisi dari sales management secara singkat agar Anda lebih mudah dalam memahaminya.

 

Apa itu Sales Management?

Istilah ini mengacu pada penerapan teknik sales management untuk mengelola operasi penjualan secara efektif. Sementara definisi yang tepat dari sales management bervariasi dari satu organisasi ke organisasi berikutnya, ini tergantung dari sudut pandang dari perusahaan tersebut. Akan tetapi tugas-tugas berikut sering berada di bawah kategori sales management:

 

1. Merekrut dan melatih karyawan baru.

Anda tidak dapat melakukan sales management jika tidak ada tim sales untuk dikelola. Tim sales  memiliki berbagai profil, termasuk perwakilan pengembangan, tim sales, manajer pengembangan bisnis, dan banyak lagi. Sales manager bertanggung jawab untuk mempekerjakan dan melatih tim sales ini.

 

2. Menetapkan target dan kuota penjualan

Sales manager bertanggung jawab untuk menetapkan target penjualan yang ingin dicapai oleh tim sales. Kuota ini harus masuk akal bagi setiap anggota tim dan mencapai keseimbangan antara tantangan dan yang dapat dicapai.

 

3. Mengelola dan menyesuaikan proses penjualan

Sales manager juga harus menentukan proses penjualan yang akan dijalankan oleh tim sales. Untuk mengarahkan tim ke arah yang benar, protokol ini harus direncanakan dengan baik dan berdasarkan pengalaman.

 

4. Memberikan motivasi kepada tim

Penjualan bisa menjadi bidang pekerjaan yang terlalu banyak tuntutan dan tantangan. Jadi agar tim Anda berhasil berhasil, tim Anda akan selalu membutuhkan jenis dan jumlah motivasi yang tepat. Oleh karena itu, sales manager yang sukses harus mengidentifikasi mana yang berhasil dan apa yang tidak. Ketika mereka berhasil, berikan ucapan selamat dan dukungan untuk memotivasi mereka. Jika mereka gagal, berikan mereka motivasi agar mereka tidak tertekan dan menjadi sales yang lebih baik dengan dukungan dan pelatihan yang lebih intens.

 

5. Melakukan pelaporan penjualan

Untuk memandu pengambilan keputusan tim sales agar dapat mencapai kesuksesan, mereka harus menggunakan beragam data yang akurat. Jadi sales manager harus mampu menyusun laporan akurat yang menguraikan kinerja dan mengidentifikasi area untuk perbaikan. Software Sales1 CRM dapat menjadi salah satu alat yang dapat digunakan oleh sales manager untuk melakukan pelaporan yang lebih cepat. Tim Anda juga dapat bekerja lebih efisien dengan menggunakan software Sales1 CRM. Karena tim Anda dapat melihat dan memantau kinerjanya sendiri.