Return to site

Tools Yang Harus Dimiliki Oleh Entrepreneur

Alat-alat digital yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis

· Tips Bisnis

Di era bisnis digital seperti saat ini, sangat penting bagi seorang entrepreneur untuk mulai memperhatikan penggunaan alat-alat digital untuk pengembangan bisnisnya. Dengan mengambil tindakan ini, entrepreneur dapat mengambil peluang besar dalam pengembangan dan kesiapan dalam menghadapi tingkat kompetisi yang semakin ketat. Namun, bukan berarti Anda harus mencoba semua tools/alat digital yang ada. Anda hanya perlu menggunakan beberapa alat yang memang sesuai dan tepat untuk memberikan manfaat terhadap bisnis Anda. Berikut adalah beberapa alat yang dapat Anda gunakan.

1. Customer Relationship Management (CRM)

Pertama, Anda harus mulai merencanakan hubungan dengan pelanggan. Karena penggerak bisnis adalah pelanggan, jika Anda melupakan pelanggan maka sangat mudah bagi Anda untuk kehilangan mereka dalam waktu sekejap. Dengan implementasi platform CRM, kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak penjualan dari pelanggan-pelanggan Anda akan semakin terbuka. Karena, Anda dapat menentukan waktu yang tepat dalam menawarkan, personalisasi, segmentasi dan juga untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan program-program tepat sasaran berdasarkan riwayat pembelian maupun proses pelanggan.

2. Marketing Automation (MA)

Marketing Automation (MA) merupakan tools yang penting untuk Anda gunakan agar meningkatkan kesuksesan dalam pemasaran. MA dapat berupa tools untuk email marketing maupun untuk social media marketing. Ada banyak pilihan yang bisa Anda temukan mulai dari yang gratis dan berbayar. Namun, jangan hanya melihat sisi gratisnya saja, Anda harus fokus pada optimasi yang ditawarkan dari alat tersebut dengan mengeluarkan biaya yang tidak begitu mahal.

3. Data dan Analytics

Bagi Anda yang menggunakan website, Anda harus memperhatikan betapa pentingnya tools analisa untuk pengembangan dan pembaruan website dan juga data-data yang Anda simpan pada suatu sistem. Dengan analisa pula, Anda dapat melihat demografi penting dari pelanggan-pelanggan Anda. Karena, dari demografi ini Anda dapat menentukan produk yang paling tepat sesuai dengan profil pelanggan yang sering mengunjungi website Anda. Data pun akan menghasilkan demografi yang akurat untuk analisa Anda di masa depan.

Itulah beberapa tools yang dapat kami berikan kepada Anda. Khusus untuk CRM, Anda dapat memilih layanan CRM yang dapat diintegrasikan dengan email dan memiliki statistik KPI tim dalam penjualan. Fitur-fitur lain seperti pembuatan penawaran juga perlu Anda perhatikan. Sistem CRM kami dilengkapi dengan fitur-fitur tersebut. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat mengirimkan email kepada kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com