Return to site

Tren dan Prediksi Cloud Computing 2018

Mempersiapkan bisnis dengan implementasi cloud

· News

Tanpa terasa kita sudah hampir memasuki penghujung tahun 2017. Setiap bulan teknologi-teknologi baru dapat Anda temukan termasuk juga peningkatan pengguna cloud untuk bisnis. Sebagai bahan pertimbangan dalam menghadapi 2018, berikut adalah prediksi teknologi cloud yang harus Anda persiapkan sebelum masuk 2018.

 

1. Pertumbuhan layanan cloud

Layanan yang menawarkan kemudahan dan fleksibilitas menjadi alasan mengapa pengguna cloud akan semakin meningkat. Pertumbuhan ini diprediksi akan terjadi pada semua elemen layanan cloud. Seperti, Infrastructure as a Service (IaaS), Sofware as a Service (SaaS) maupun Platform as a Service (PaaS). Bahkan pertumbuhan ini tidak hanya pada public cloud tetapi juga pada private cloud.

 

2. Meningkatnya kapasitas penyimpanan cloud

Semakin banyak pengguna smartphone, semakin tingginya tingkat lalu lintas data juga harus disertai  dengan peningkatan kapasitas penyimpanan pada cloud itu sendiri. Berdasarkan survey, estimasi kapasitas penyimpanan cloud diprediksi mencapai 1.1 ZB.

 

3. Kualitas jaringan 5G meningkatkan industri IoT dan IoE

Saat ini jaringan 5G tengah berada pada proses pengembangan, diperkirakan jaringan ini sudah bisa digunakan paling lambat pada tahun 2018 mendatang. Dengan koneksi internet yang semakin cepat, akan meningkatkan responsivitas aplikasi dan layanan cloud. Para pemilik bisnis dapat mengevaluasi SaaS, PaaS maupun platform berbasis website yang mereka miliki agar bisa lebih responsif. IoT dan IoE pun akan mendapatkan keuntungan dari semakin cepatnya koneksi jaringan untuk menerima dan mengirim data lebih efisien dan real time.

 

4. Tantangan keamanan cloud

Tahun 2017 ini terjadi beberapa kasus besar yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan besar terkait keamanan data mereka di internet. Seperti WannaCry dan kasus-kasus keamanan siber lainnya. Apa yang terjadi tersebut merupakan tantangan yang harus diselesaikan oleh para penyedia cloud untuk mengamankan data-data pelanggan-pelanggannya terutama untuk data enterprise.

 

Mana tren cloud yang paling menarik perhatian Anda untuk menghadapi tahun 2018? Seberapa besar keinginan Anda untuk memanfaatkan layanan cloud tahun depan? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK