Return to site

Wawasan Yang Didapat Dari Implementasi CRM

Yang dapat dilakukan CRM untuk bisnis yang lebih mudah

Wawasan Yang Didapat Dari Implementasi CRM

Dalam bisnis, kita tidak dapat menentukan pasar mana yang bisa kita jadikan tempat untuk memasarkan produk-produk yang kita miliki dengan akurat tanpa adanya strategi dan teknologi yang membantu didalamnya. Sederhananya, jika kita ingin melakukan wisata, dan baru pertama kali kita berkunjung, maka kita akan menentukan tujuan kita dengan melihat peta yang ada di sekitar kita. Bukankah demikian?

 

Namun, dalam bisnis pemetaan seperti itu akan lebih sulit dibandingkan pemetaan tujuan wisata. Karena, dalam dunia sales membutuhkan planning dan strategi yang cukup kuat agar kita tidak kehilangan arah ketika sudah mulai memasukinya. Beruntungnya, di era digital seperti sekarang ini sudah banyak sekali teknologi yang membantu kita untuk menentukan target pelanggan atau pun untuk melakukan pemasaran seperti internet marketing, social media marketing dan salah satu teknologi yang tidak kalah pentingnya ialah CRM.

 

Jika diibaratkan pada sebuah navigasi dan peta, CRM ibarat sebuah GPS yang akan menenuntun Anda untuk menemukan target pemasaran atau target pasar Anda. Sistem CRM akan mengarahkan Anda untuk bekerja lebih efisien dan lebih cepat untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan.

 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda monitoring dengan implemntasi CRM.

 

1. Melihat perkiraan penjualan

Ketika Anda beralih dengan menggunakan CRM untuk pemusatan data, Anda cukup melihat dasboard yang dapat menunjukkan jalur bagaimana pelanggan Anda melakukan pembelian. Selain itu, Anda juga dapat melihat persentase prospek yang berubah-ubah misal dari prospek menjadi peluang, dari peluang berubah menjadi penjualan dari penjualan berubah menjadi pelanggan prioritas. Semua bisa dilakukan dalam satu sistem CRM yang lebih simpel.

 

2. Melihat performa kampanye marketing

Tanpa CRM, kita tidak bisa menentukan target dengan baik sehingga kita melakukan pemasaran secara random dan terkesan seperti tidak memiliki tujuan. Sehingga biaya kampanye yang dikeluarkan pun akan semakin membengkak. Lain halnya jika kita sudah memiliki target marketing, target audiens yang sesuai dengan bisnis, kita akan dengan mudah menentukan kampanye yang akan dilakukan serta untuk mengukur efektivitas kampanye.

 

3. Apa yang ada pada sales pipeline

Dengan sistem CRM, Anda akan dengan mudah dalam mencari gambaran tentang peluang terbuka, tertutup atau peluang kehilangan prospek. Peluang terbuka akan memberikan gambaran bahwa Anda akan memiliki prospek jangka panjang dan Anda juga dapat melihat tahap atau potensi penjualan Anda. Sedangkan untuk peluang tertutup atau potensi kehilangan perlu Anda lakukan penelusuran atau investigasi yang lebih cepat sebelum kejadian tersebut benar-benar terjadi. Kecuali jika Anda memang merasa bahwa prospek tersebut tidak sesuai dengan jangka panjang Anda.

 

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan bagaimana proses sales dalam sales pipeline yang Anda miliki. Dengan demikian dapat dengan mudah Anda ukur semua kegiatan prospek maupun pelanggan. Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang CRM, Anda dapat menghubungi kami di hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Unsplash.com  | Pixabay.com