Return to site

Yang Dapat Ditiru Oleh Marketer Dari Seorang PR

Belajar dari PR untuk menciptakan strategi marketing

· Tips Marketing

Apakah Anda memiliki teman yang berprofesi sebagai Public Relations (PR)? Apakah Anda tahu, seorang PR dapat mengembangkan profesinya dengan cepat? Lalu bagaimana seorang PR profesional dapat menjalin kerjasama dengan baik dan mampu meningkatkan karirnya?

 

Menjadi seorang PR memang tidak mudah, begitu juga dengan seorang marketer. Bagi Anda yang saat ini menekuni karir sebagai seorang marketer, Anda dapat belajar dari seorang PR profesional untuk bisa menarik minat prospek agar mereka menggunakan produk atau layanan yang Anda berikan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda tiru dari seorang PR untuk marketing yang sukses.

 

1. Mengutamakan kejujuran

Seorang PR yang sukses adalah mereka yang berani jujur kepada semua orang. Satu kebohongan kecil yang Anda lakukan akan berimbas pada keburukan yang besar. Bagi Anda yang tidak peduli, pasti akan berpendapat “sedikit kebohongan mah tidak apa-apa. toh prospek tidak akan mengerti?”. Memang, prospek tidak akan mengerti untuk waktu yang singkat, cepat atau lambat ketika prospek mengetahui telah Anda bohongi, ia tidak akan segan untuk keluar dari perusahaan Anda. Untuk itu, utamakanlah kejujuran untuk menarik perhatian prospek.

 

2. Menjalin hubungan

Tugas PR adalah untuk menjalin hubungan antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Jika Anda ingin memiliki basis pasar yang kuat, maka Anda harus memiliki kemampuan untuk menjalin hubungan dengan semua target market Anda. Semakin banyak orang yang menjalin hubungan dengan Anda, semakin mudah pula Anda memasarkan produk.

 

3. Memiliki pengetahuan

Tidak ada satu pun seorang PR profesional yang memiliki pengetahuan minim. Mereka yang profesional adalah mereka yang memiliki pengetahuan yang lebih luas dibandingkan sorang PR lainnya. Anda seorang marketer harus memiliki kemampuan ini untuk memonitor pasar. Semakin baik kemampuan Anda dalam menganalisa pasar, semakin maksimal pula hasil dari marketing Anda.

 

4. Kreatif

Kreativitas merupakan kunci seorang PR untuk berhasil menjalin hubungan dengan relasinya. Begitu pula bagi seorang marketer, mereka yang dapat berpikir kreatif untuk menciptakan strategi marketing yang baik akan memperbesar peluang dalam menarik prospek. Mengapa demikian? Ketika marketing Anda gagal, Anda harus memikirkan cara baru untuk memasarkan produk. Sebaliknya, jika Anda tidak mampu berpikir kreatif, Anda akan terus mempertahankan cara yang gagal untuk memasarkan produk.

 

Itulah hal-hal yang dapat ditiru oleh seorang marketer dari PR. Bagaimana menurut Anda? Silakan tinggalkan komentar Anda dibawah ini untuk bertukar pengalaman dengan marketer lainnya.

Ilustrasi (c) Pxhere.com