Return to site

Yang Harus Dilakukan Saat Kesulitan Mendapatkan Prospek

Akhiri kesulitan mendapatkan prospek dengan cara ini

· Tips Sales

Keluhan salesperson memiliki kesamaan yakni sulit mendapatkan prospek. Mereka menganggap bahwa perjuangan yang dilakukan sia-sia karena tidak mendapatkan prospek yang dapat membawa penjualan. Alasan lain karena persaingan yang terlalu sengit sehingga tidak mampu membawa pelanggan.

 

Meskipun alasan tersebut benar, tetapi alasan tersebut bukanlah tolok ukur sulitnya salesperson mendapatkan pelanggan.  Apabila Anda berhasil menjalankan tugas dengan benar, tentu keberhasilan akan datang untuk Anda. Jika Anda masih merasa sulit untuk mendapatkan prospek, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan agar menjaring prospek tidak lagi sulit.

 

1. Mengubah cara Anda untuk lebih memprioritaskan prospek/pelanggan

Jika Anda sulit mendapatkan prospek, mulailah untuk mengubah cara Anda dalam menawarkan produk. Jangan hanya fokus pada keuntungan perusahaan, tetapi mulailah untuk memikirkan keuntungan bisnis pelanggan. Jika prospek memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dengan menggunakan produk Anda, tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak membeli produk dari Anda. Ketika prospek ini senang setelah memutuskan menggunakan produk Anda, ia juga senang untuk merekomendasikan produk Anda. Artinya Anda mendapatkan prospek baru dengan bantuan pelanggan.

 

2. Jangan membuat alasan tidak memiliki waktu untuk prospek

Anda sadar mendapatkan prospek sulit tetapi Anda menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan oleh prospek. Salah satunya adalah membuat alasan tidak memiliki waktu saat prospek butuh bantuan. Prospek bisa memberi kesempatan salesperson untuk beralasan tidak memiliki waktu 1-2x. Ketika prospek mendapatkan alasan yang sama ke-3 kalinya, kepercayaan yang sudah diberikan oleh prospek ini akan memudar. Setelah kepercayaan berkurang, jangan berharap prospek memberikan kepercayaan untuk Anda lagi. Waktu yang akan Anda berikan untuk prospek ini pun sudah tidak berguna. Kekecewaan mereka karena kesalahan Anda tidak akan mudah untuk dilupakan, yang pada akhirnya Anda telah menutup peluang yang sudah Anda miliki.

 

3. Fokus dan disiplin menjalankan proses

Jangan lewatkan proses-proses penting yang berkaitan dengan prospek Anda. Fokus dan disiplin menjadi kunci penting untuk mendapatkan prospek. Ketika Anda lalai dalam proses ini, sudah dapat dipastikan prospek kehilangan kepercayaan. Proses ini meliputi follow-up, mendengar keluhan prospek, pemberian solusi untuk prospek dan lain sebagainya. Ikuti salespipeline dalam perusahaan Anda, karena itu merupakan panduan untuk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com