Return to site

Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Di Indonesia

Tak mudah untuk meningkatkan penjualan di Indonesia tanpa strategi yang baik

Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Di Indonesia

Inti dari bisnis adalah tingginya penjualan yang diraih setiap bulannya dan semakin banyaknya pelanggan-pelanggan loyal untuk melakukan pembelian di perusahaan tersebut. Namun, untuk mencapai pertumbuhan penjualan tersebut sangatlah tidak mudah dicapai. Terlebih lagi ditengah semakin menjamurnya pelaku bisnis di Indonesia baik offline maupun online. Jika tidak ingin bisnis Anda mengalami kegagalan, maka Anda harus bisa mengoptimalkan penjualan dan mematangkan strategi agar bisnis tumbuh secara stabil.

 

Berikut adalah beberapa strategi untuk meningkatkan penjualan Anda dalam menghadapi persaingan bisnis di Indonesia:

 

1. Fokus pada pasar yang sudah ada

Cara untuk meningkatkan penjualan pertama Anda harus bisa fokus pada pasar yang sudah Anda miliki saat ini. Pasar yang sudah Anda miliki saat ini merupakan inti bisnis yang dapat mempertahankan bisnis Anda selama proses pertumbuhan. Jika Anda mengabaikan pasar yang sudah Anda miliki saat ini, maka Anda tidak memiliki pendukung selama menjalankan proses peningkatan penjualan di tempat lain.

 

2. Memperluas target bisnis

Untuk poin kedua ini, Anda tidak boleh gegabah sebelum Anda benar-benar bisa fokus pada pasar yang sudah Anda miliki. Memperluas bisnis memang bagus, tapi jika Anda memperluas pasar dan target bisnis Anda dengan mengabaikan pasar yang sudah Anda, maka usaha Anda ini akan menjadi usaha yang sia-sia.

 

3. Melakukan promosi produk/brand/perusahaan

Buatlah planning promosi ketika Anda sudah memiliki banyak pelanggan. Buatlah promosi yang sekiranya mampu mengangkat bisnis Anda dengan baik. Apakah Anda ingin meningkatkan nilai perusahaan atau nilai brand atau ingin meningkatkan nilai produk di mata pelanggan Anda? Jika tentang produk, Anda dapat menggencarkan promosi produk. Jika Anda ingin brand Anda yang semakin diingat oleh pelanggan, maka Anda dapat memulai dengan melakukan promosi secara umum terhadap brand Anda. Cara ini sudah sering kali kita temukan di minimarket atau hypermarket di Indonesia. Anda dapat mempelajari metode promosi ini dengan mengamati perusahaan/brand terkenal di Indonesia.

 

4. Meninjau harga

Anda jangan sampai salah langkah ketika menentukan harga untuk produk maupun layanan Anda. Lakukan riset bagaimana kompetitor Anda menawarkan harga. Jika produk/layanan Anda terlalu mahal, Anda dapat menurunkan harga produk/layanan Anda. Jika Anda menemukan bahwa harga yang Anda tawarkan terlalu murah dan tidak menarik pelanggan, mungkin pelanggan Anda menilai produk Anda tidak layak atau dianggap murahan. Lakukan perubahan dan buatlah formula harga yang paling tepat yang menguntungkan Anda dan pelanggan Anda. Jangan terjebak pada harga rendah tapi tidak bisa menarik pelanggan.

 

Pelanggan di Indonesia tidak lagi hanya memikirkan harga murah, tapi mereka sudah mulai sadar akan pentingnya kualitas dan nilai lebih yang akan mereka dapatkan jika mereka menggunakan produk Anda. Sesuaikanlah produk/layanan yang Anda tawarkan dengan kebutuhan pelanggan, maka pelanggan akan terus menggunakan produk/layanan Anda.

Ilustrasi (c) Pixabay.com