Return to site

Cara Untuk Memanfaatkan Teknologi Sales Dengan Efektif

Implementasi teknologi sales dengan tepat dan efektif

· Sales Strategy,CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta

Teknologi sales merupakan teknologi yang dikembangkan untuk mendukung dan meningkatkan penjualan bagi perusahaan. Saat ini, ada banyak sekali teknologi penjualan yang dapat digunakan oleh perusahaan seperti teknologi analisa, teknologi penawaran berbasis cloud, teknologi hubungan dengan pelanggan (CRM) dan teknologi-teknologi lainnya. Meskipun ada banyak sekali macam-macam teknologi yang sudah dikembangkan untuk perusahaan dan tim sales, nyatanya masih ada banyak perusahaan yang menutup mata dengan kehadiran teknologi ini.

Selain mereka yang masih tidak mempedulikan kehadiran teknologi, banyak juga perusahaan yang sudah mengimplementasikan teknologi sales, namun tidak menggunakannya dengan cara yang benar. Sehingga, implementasi teknologi ini menjadi tidak efektif. Karena kami tidak ingin Anda menjadi salah satu pengguna teknologi sales dalam hal ini customer relationship management (CRM) yang tidak dapat memanfaatkan dengan efektif, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh sales leader dan management.

1. Memastikan CRM sebagai alat untuk menghasilkan laporan

Perpindahan dari pencatatan laporan manual pada sistem terorganisir seperti CRM ini memang bukan perkara yang mudah. Karena, kebiasaan lama tim Anda menjadi penentu penggunaan sistem dengan benar. Untuk itu, perusahaan perlu mendorong semua tim untuk menggunakan atau memanfaatkan teknologi CRM ini untuk setiap laporan yang ingin mereka kirimkan. Jika tidak, CRM maupun teknologi sales lainnya yang sudah diinvestasikan oleh perusahaan tidak akan pernah menjadi alat yang efektif untuk menciptakan penjualan.

2. Kompatibel dengan teknologi lainnya

Kita tahu teknologi merupakan sistem yang sebagian dapat digabungkan dengan teknologi lain dan juga tidak dapat digabungkan. Dalam hal ini, kompatibilitas teknologi sales yang Anda gunakan dengan teknologi yang sudah diinvestasikan oleh perusahaan sebelumnya dapat dijalankan bersamaan. Contoh, email yang dapat diintegrasikan dengan CRM, CRM yang dapat diintegrasikan dengan sistem quotation dan lain sebagainya.

3. Merekam semua data pada sistem yang sama

Prospek dan pelanggan lumrahnya dipisahkan dalam dokumen yang berbeda-beda jika dilakukan secara manual. Sistem juga demikian, sebagian teknologi penjualan memisahkan antara prospek dan pelanggan pada sistem berbeda. Untuk menjadikan teknologi sales yang lebih efektif, maka Anda harus mengadopsi teknologi yang dapat menyimpan data-data prospek dan pelanggan pada satu sistem yang sama. CRM adalah teknologi yang mempersatukan semua data tersebut. Data dari masa pendekatan hingga masa berlangganan pun tersimpan dengan rapih pada sistem CRM.

Itulah cara untuk menggunakan teknologi sales (dalam hal ini adalah CRM) agar lebih efektif. Tahukah Anda, bahwa sistem CRM kami merupakan gabungan dari berbagai teknologi sales dalam satu tempat. Butuh informasi lebih lanjut? Silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1CRM.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com