Return to site

Apa Definisi “Unique Selling Proposition” Secara Umum & Khusus?

Mengenal USP untuk bisnis dan penjualan

· Tips Sales

Pernah mendengar kata Unique Selling Proposition (USP) tapi masih belum mengerti apa definisi dari istilah ini? Jika iya, Anda sedang membaca artikel yang tepat untuk menghilangkan rasa penasaran Anda terhadap istilah USP ini. Karena, kami tidak hanya memberikan definisi secara umum, tetapi juga akan memberikan definisi secara khusus. Jadi Apa itu Unique Selling Proposition (USP)?

Definisi Unique Selling Proposition (USP) secara umum

Unique Selling Proposition (USP) atau yang juga dikenal dengan Unique Selling Point adalah faktor pembeda pada suatu produk/layanan yang tidak dimiliki oleh pesaing/kompetitor, produk maupun bisnis. Umumnya USP ini menjadi penentu yang akan membuat produk/layanan lebih spesial bagi prospek/pelanggan. Contoh sederhana, lampu penerangan jalan yang menggunakan listrik sudah tidak lagi spesial. Untuk membuat USP, perusahaan harus membuat lampu hybrid yang dapat menyimpan energi matahari dan menjadikan daya listrik konvensional sebagai alternatif jika energi matahari tidak cukup untuk menerangi lampu tersebut. Sistem hybrid inilah yang menjadi USP bagi produk yang ditawarkan. Kemampuan seperti ini tentu ini nilai spesial bagi pelanggan.

USP sendiri tidak hanya berfokus pada produk/layanan secara langsung saja. Nilai USP lain yang dapat diimplementasikan adalah pengiriman yang sangat cepat, kualitas, harga yang lebih murah dan lain sebagainya. Bahkan, layanan terhadap pelanggan dan juga hubungan yang terjalin dengan pelanggan pun dapat menjadi USP bagi perusahaan. Ini terjadi karena tidak semua perusahaan mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan-pelanggan yang sudah ia miliki.

Definisi Unique Selling Proposition (USP) secara khusus

Definisi USP secara khusus adalah nilai yang menjadi titik fokus dari bisnis Anda. Titik fokus ini akan mencerminkan bagaimana bisnis Anda menjadi lebih dikenal oleh prospek dan pelanggan. Contoh paling sederhana adalah toko bangunan di suatu kelurahan. Mereka memiliki USP karena pada toko tersebut, pelanggan dapat menemukan bahan bangunan yang sebelumnya sulit untuk mereka temukan. Itulah yang dimaksud dengan definisi USP secara khusus.

Memang, USP khusus ini terdengar tidak memiliki nilai spesial karena ada banyak toko bangunan yang bisa ditemukan. Akan tetapi, pada daerah-daerah tertentu ada suatu bisnis yang belum dijamah oleh pelaku bisnis lain dan menjadikan bisnis tersebut sebagai peluang besar bagi orang-orang yang mampu memperhatikannya.

Nah, itulah definisi dari Unique Selling Point (USP) yang dapat kami berikan kepada Anda. Kedepannya, kami akan memberikan tips bagaimana untuk merumuskan USP yang efektif. Jadi, daftarkan email Anda pada form subscribes agar tidak ketinggalan artikel lanjutan tersebut. Tidak ingin berlangganan via email? Anda dapat mengikuti sosial media kami berikut ini:

Facebook: https://facebook.com/Sales1CRM

Twitter: https://Twitter.com/Sales1CRM

LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/sales1crm

Ilustrasi (c) Sales1CRM.com