Return to site

Cara Mencetak “Top Performer Salesperson” Dalam Tim Anda

Ingin memiliki tim sales yang mampu mencapai hasil maksimal, coba ikuti tips ini

· Leadership

Top performer salesperson di sini adalah seorang anggota tim sales yang memiliki kemampuan untuk mencapai atau hampir berhasil mendapatkan penjualan yang maksimal setiap bulannya. Dari semua salesperson yang dimiliki oleh perusahaan, tentu tak banyak salesperson yang menyandang predikat ini. Bahkan, pengalaman kerja sebagai sales yang sudah dijalani puluhan tahun pun tidak menjamin akan mampu mencapai predikat ini. Karena, bukan pengalaman yang menjadi tolok ukur pencapaian ini melainkan bagaimana cara sales leader mencetak seorang sales dengan performa yang baik. Jika dalam satu tim ada 10 orang dan hanya satu yang mampu mencapai posisi ini, itu artinya sales leader gagal mencetak tim yang baik. Oleh karena itu, sales leader perlu memperbaiki kualitas tim sales yang dimiliki sehingga setidaknya 80% dari seluruh anggota tim yang dimiliki ini mencapai posisi top performer. Jika Anda ingin mencetak seorang sales yang masuk kriteria ini? Berikut adalah beberapa tipsnya untuk Anda!

1. Memberikan ruang untuk berdiskusi

Leader perlu membuka pintu kepada tim sales untuk mengeluarkan apa yang ada dalam pikirannya agar dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik. Memberikan ruang kepada tim sales untuk berdiskusi dengan leader adalah hal yang perlu dilakukan secara rutin. Kesempatan seperti ini akan membuka ide-ide dan solusi untuk mengatasi masalah dengan lebih baik. Sehingga tim sales dapat bekerja lebih maksimal untuk mencapai penjualan sesuai kuota yang diberikan oleh leader.

2. Mengurangi proses dan hambatan yang sering dialami oleh tim sales

Proses yang tidak efisien dan proses yang tidak efektif harus Anda kurangi jika ingin mencetak kualitas tim sales. Selain mengurangi proses-proses tersebut, Anda juga perlu mencari tahu apa saja yang selama ini menghambat kinerja tim. Dengan demikian, tim akan bekerja lebih maksimal dari waktu ke waktu.

3. Tidak asal merekrut salesperson

Seperti yang kami sebutkan, pengalaman tidak menjamin salesperson dapat menjadi seperti yang diharapkan. Untuk itu, jangan asal merekrut salesperson terlebih lagi karena melihat pengalaman yang ia miliki. Meskipun kans untuk menjadi top performer lebih besar, Anda perlu memperhatikan ego dari sales berpengalaman tersebut.

4. Mempertahankan yang ada lebih baik daripada suka berganti formasi

Masih berhubungan dengan poin ke-3, bedanya kali ini Anda suka memberhentikan anggota tim yang dianggap tidak mampu mencapai kuota penjualan. Gonta-ganti formasi tim hanya akan mempersulit keadaan karena tim Anda harus terus beradaptasi. Untuk itu, cetak top performer dengan memberikan pelatihan yang lebih intensif kepada tim yang ada saat ini. Karena mereka sudah beradaptasi dan hanya membutuhkan sentuhan-sentuhan dan dukungan dari leader agar dapat menjadi sales yang berkualitas untuk perusahaan.

Itulah cara untuk mencetak top perfromer yang dapat kami berikan. Apakah Anda memiliki tips lain? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini untuk menambahkan tips yang relevan.

Add paragraph text here.