Return to site

Studi: Faktor Yang Menarik Pelanggan Untuk Melakukan Pembelian

Apa saja yang dapat membawa pelanggan hingga melakukan pembelian?

· Tips Bisnis

Dalam menjalankan bisnis Anda tentu harus mengerti hal apa saja yang menarik pelanggan untuk melakukan pembelian. Tanpa mengetahui bagian ini, salesperson akan sangat sulit untuk mencapai penjualan. Sedangkan bagi tim marketing, mereka akan kesulitan untuk membuat konten yang dapat mendorong daya tarik audiens agar lebih meningkatkan potensi pembelian setelah melihat iklan atau konten pemasaran jenis lainnya. Ada satu cara terbaik untuk menjawab hal ini yaitu dengan melakukan riset internal yang dilakukan oleh perusahaan. Tapi, riset membutuhkan waktu yang sangat panjang yang artinya perlu investasi waktu yang diperlukan oleh perusahaan. Jika saat ini Anda belum sanggup untuk melakukan riset sendiri, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi hasil riset terkait hal-hal yang menarik pelanggan untuk melakukan pembelian.

1. Kebutuhan akan produk/layanan (saat ini dan di masa yang akan datang)

Yang menarik pembelian pertama kali dan menjadi penentu adalah kebutuhan pada suatu produk. Data menyebutkan 75% dari pelanggan sepakat untuk melakukan pembelian berdasarkan kebutuhan.

2. Memiliki budget

Pada poin kedua ini sebanyak 64% pelanggan akan melakukan pembelian saat ia memiliki budget.

3. Nilai yang ditawarkan

Setiap produk memiliki nilai, itu adalah hal mutlak yang menjadikan produk dipilih dan digunakan oleh pelanggan. Dari hasil studi, 63% responden memilih untuk melakukan pembelian berdasarkan nilai yang ditawarkan oleh penyedia.

4. Hubungan dengan penyedia

Perusahaan yang menjalin hubungan dengan pelanggan bahkan sebelum menjadi pelanggan (status masih prospek atau kenalan di dalam jaringan) menjadi salah satu alasan yang dapat menarik minat pelanggan untuk melakukan pembelian. Pada studi ini menyebutkan bahwa 61% pelanggan melakukan pembelian dikarenakan adanya hubungan dengan perusahaan penyedia produk/layanan.

5. Retensi

Pembelian ulang (retensi) menduduki peringkat ke-5 yang membuat seorang pelanggan melakukan pembelian. Retensi ini disepakati oleh 60% dari responder.

6. Pernah mendengar perusahaan

Pada poin ini bukan berarti pelanggan sudah melihat iklan/pemasaran dari perusahaan Anda saja. Mendengar di sini dapat terjadi karena word of mouth/referral dan rekomendasi dari orang-orang di sekitarnya. Atau bahkan saat mendengar pembicaraan orang lain yang menyebutkan perusahaan Anda. Jika dilihat dari data studi, poin ini mendapatkan persentase 58% yang membawa pelanggan melakukan pembelian.

7. Rekomendasi dari tim yang ada di perusahaan

Pengambil keputusan yang belum mendengar bisnis penyedia, mendapatkan masukan dari salah satu tim/rekan di perusahaan untuk melakukan pembelian pada penyedia tersebut. Ini memberikan pengaruh besar terhadap terciptanya pembelian dengan persentase 57%.

8. Kredibilitas penyedia

Sebelum melakukan pembelian, pelanggan mencari informasi dengan caranya sendiri baik online maupun offline. Dari infromasi yang ditemukan tersebut dan pelanggan percaya bahwa perusahaan tersebut memiliki kredibilitas akan memutuskan untuk melakukan pembelian. Poin ini mencapai persentase 57%.

Itulah beberapa poin penting yang dapat mendorong seorang prospek/pelanggan melakukan pembelian berdasarkan studi yang dimuat oleh Rain Group. Untuk mendapatkan data hasil studi secara penuh, silakan kunjungi halaman ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly