Return to site

Fungsi dan Manfaat CRM untuk Bank di Indonesia

Memilih CRM Cloud untuk Bank Di Indonesia

· CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta,Benefits of CRM
Fungsi dan Manfaat CRM untuk Bank di Indonesia

Ditengah semakin menjamurnya bisnis Finance Technology atau Fintech di Indonesia, perbankan harus lebih gencar lagi untuk menarik pelanggan. Fintech sendiri memberi kemudahan yang sangat signifikan untuk calon pelanggannya. Mereka tidak perlu lagi ke kantor penyedia layanan keuangan untuk mendapatkan pinjaman atau keperluan perbankan seperti untuk mendapatkan kartu kredit.

Fintech juga membuka persaingan lebih lebar untuk perbankan. Tak jarang dari pemilik Fintech membandingkan produk antar bank dalam satu halaman. Untuk itu, perlu strategi yang lebih jitu untuk bank dalam menawarkan produk kepada calon nasabah. Tak hanya untuk menawarkan produk, bank juga harus memiliki sesuatu yang lebih dari pesaingnya agar nasabah yang ada (existing customer) tidak beralih ke bank lain.

Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka waktu yang sangat panjang agar nasabah tidak pergi. Hubungan dengan nasabah menjadi kunci terakhir untuk keberhasilan bank dalam menjaga nasabah mereka.

Apa yang bisa dilakukan untuk kesuksesan menjaga hubungan dengan nasabah?

Customer Relationship Management (CRM) untuk bank adalah salah satu pilihan mewujudkan hubungan jangka panjang dengan nasabah yang sudah ada tersebut.

Aplikasi CRM dapat menjadi investasi yang pas untuk bank menghadapi situasi sulit yang berhubungan dengan nasabah. CRM untuk bank ini juga memiliki fitur fun-to-play atau mudah diakses dan diterapkan untuk para sales leader bersama timnya.

CRM Yang Baik untuk Bank dan Manfaat CRM untuk Bank

Mungkin yang jadi pertanyaan bagi Anda adalah “Investasi aplikasi CRM yang seperti apa yang baik untuk bank dan bagaimana bank menggunakan CRM untuk mendapatkan manfaat yang ditawarkan?”

Jawaban untuk pertanyaan ini adalah CRM diciptakan untuk kemudahan, CRM untuk bank sebagai alat untuk otomatisasi pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara tradisional atau manual. Dengan menggunakan CRM, Bank dapat membukukan nilai yang sangat besar dan fungsi utama CRM untuk Bank bukanlah untuk mengakuisisi nasabah saja tapi juga untuk retensi nasabah.

Selain itu, CRM untuk bank juga bermanfaat untuk perusahaan multi-organisasi yang memiliki waktu lebih sedikit dalam berkomunikasi antar sales leader. Sebagai contoh, Bank Anda memiliki 10 kantor cabang di 10 Provinisi di Indonesia yang terletak di 10 pulau. Anda tidak mungkin berkomunikasi secara langsung untuk membahas semua pelanggan perusahaan melalui telepon atau email. Dengan CRM, Bank bisa menyatukan data pelanggan, ketika melakukan rolling lokasi kerja, Sales dan Marketing Anda tidak buta informasi pelanggan di lokasi penempatannya yang baru. Tetap terhubung dengan nasabah adalah tujuan utama bagi bank untuk menjaga nasabah yang Ada dan calon nasabah.

Mengapa menggunakan CRM di Indonesia

Kami tidak mengharuskan Anda untuk memilih provider CRM berbasis cloud dari negara mana pun. Akan tetapi, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan layanan CRM Cloud based yang memiliki data centre di Indonesia. Tujuannya adalah untuk kemudahan Anda dalam berkomunikasi dengan tim provider apabila ada kendala. Selain itu, pemilihan provider CRM berbasis cloud yang berasal dari Indonesia juga sesuai dengan UU ITE yang berlaku di Indonesia. Anda juga tidak khawatir lagi dengan keamanan data Anda jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena dalam UU ITE juga disebutkan penyedia server harus memiliki data centre serta Disaster Recovery di Indonesia.

Banyak fungsi CRM untuk Bank dalam menjaga loyalitas pelanggan yang tidak mungkin kami jelaskan hanya dalam satu artikel. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih dalam mengenai CRM untuk bank, Anda dapat menghubungi kami di hi@sales1crm.com. Jika Anda ingin mendapatkan tips terbaru dari kami, Anda dapat berlangganan dengan mendaftarkan email Anda pada kolom subscribe dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pexels.com