Return to site

Ide Kuisioner Untuk Survei Pendukung Penjualan

Memberikan kuisioner yang relevan untuk bisnis perusahaan dan pelanggan

· Tips Sales

Kesuksesan suatu survei, didapatkan dari kualitas data/jawaban yang diberikan oleh pelanggan dan juga kualitas pertanyaan yang diajukan kepada pelanggan. Tanpa memperhatikan dua hal tersebut, survei yang Anda harapkan dapat meningkatkan kualitas produk/layanan pun hanya akan menjadi tindakan yang kurang memberikan hasil maksimal. Untuk membantu Anda mendapatkan hasil jawaban lebih baik dari kuisioner survei yang Anda lakukan, berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu Anda masukkan dalam survei.

1. Apa yang membawa Anda untuk membeli produk kami?

Jawaban dari pertanyaan ini akan memberikan Anda jawaban atas masalah yang dihadapai oleh pelanggan. Sehingga, Anda lebih mengenal masalah utama yang dihadapi oleh mayoritas pelanggan Anda agar dapat dijadikan tolok ukur untuk mendapatkan pelanggan baru di masa depan.

2. Jelaskan secara singkat, tantangan yang Anda alami saat ini?

Untuk mengetahui bagaimana solusi produk Anda terhadap pelanggan, tentu Anda perlu melakukan pembaruan. Bagaimana cara memperbarui produk apabila Anda belum mengerti tantangan yang dihadapi oleh pelanggan? Itulah mengapa Anda perlu membuat pertanyaan tentang tantangan yang dihadapi pelanggan agar Anda dapat memberikan solusi yang tepat untuk mereka di masa depan.

3. Apa saja masalah yang berhasil diselesaikan oleh produk/layanan kami?

Meskipun produk Anda sudah memberikan solusi kepada pelanggan, belum tentu solusi tersebut dapat diaplikasikan untuk semua masalah. Dengan mengajukan pertanyaan ini, Anda dapat mengetahui sejauh mana produk Anda membantu pelanggan.

4. Apa yang akan dilakukan apabila produk kami tidak lagi sesuai dengan kebutuhan Anda?

Tahukah Anda, tidak semua pelanggan akan langsung meninggalkan produk/layanan yang Anda miliki ketika produk tidak lagi sesuai dengan kebutuhan. Dengan memberikan pertanyaan ini, Anda memiliki kesempatan untuk mengetahui seberapa siap pelanggan untuk memberikan masukan kepada perusahaan dan juga agarlebih mengetahui potensi untuk kehilangan pelanggan.

5. Apa yang paling Anda sukai dari produk/layanan dari kami?

Pertanyaan ini cukup jelas, ketika Anda mengetahui produk/layanan yang paling disukai, Anda dapat meningkatkan kualitas produk tersebut. Sehingga, pelanggan akan lebih loyal kepada Anda.

6. Seberapa puas Anda terhadap produk/layanan kami?

Dalam hal ini, tingkat kepuasan yang perlu mendapatkan penilaian diantaranya adalah:

  • Produk/layanan yang ditawarkan
  • Dukungan pelanggan
  • Respon komplain
  • Problem solver

7. Fitur/pengembangan seperti apa yang Anda inginkan dari produk yang saat ini masih belum tersedia?

Dikarenakan produk/layanan perlu pengembangan, pertanyaan ini akan memberikan ide-ide brilian dari pelanggan-pelanggan yang bisa saja Anda sendiri belum pernah menyadarinya.

8. Apakah Anda akan bersedia merekomendasikan kami dan berikan alasannya?

Pertanyaan ini memiliki tujuan yang sangat sederhana, dengan pelayanan dan produk yang ditawarkan saat ini, apakah pelanggan bersedia mengajak rekan-rekannya untuk menggunakan produk Anda?

9. Jika kami ingin menghubungi Anda, media apa yang paling Anda sukai?

Tidak semua pelanggan menyukai perusahaan yang menghubungi melalui telepon dan email. Untuk itu, temukan jawabannya dengan menambahkan pertanyaan ini.

Itulah pertanyaan-pertanyaan yang perlu Anda masukkan dalam daftar kuisioner untuk mendapatkan data yang lebih berkualitas untuk perusahaan Anda. Jangan lupa untuk menyimpan data-data hasil survei ini pada sistem CRM sesuai dengan pelanggan Anda. Penyimpanan data hasil survei pada sistem CRM akan memudahkan Anda untuk menganlisa apabila dibutuhkan di masa depan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com