Return to site

Karakteristik Yang Harus Dimiliki Oleh Sales (PART 3)

Ini yang seharusnya dimiliki oleh seorang sales

Karakteristik Yang Harus Dimiliki Oleh Sales (PART 3)

Artikel ini merupakan artikel terakhir dari artikel kami sebelumnya yang berjudul “Karakteristik Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Sales”. Jika Anda belum membaca artikel sebelumnya Anda dapat membaca artikel Part 1 pada halaman ini dan Part 2 pada halaman ini. Bagi Anda yang sudah membaca artikel-artikel sebelumnya, berikut adalah karakteristik-karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang sales.

11. Mampu bekerja melebihi pencapaian terbaik

Seorang sales yang bagus adalah mereka yang mampu bekerja maksimal untuk membukukan penjualan yang lebih banyak. Jangan pernah puas dengan hasil terbaik yang pernah Anda capai. Kepuasan sesaat justru akan membuat penurunan semangat kerja. Sangat penting bagi Anda untuk bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dari yang terbaik yang pernah Anda capai. Dengan karakteristik seperti ini maka Anda akan memiliki peluang untuk terus meningkatkan penjualan, menambah kepercayaan pelanggan, meningkatkan pendapatan perusahaan dan lain sebagainya.

12. Selalu siaga dan siap setiap saat

Anda yang bertugas sebagai seorang sales harus selalu siap ketika ada pelanggan yang membutuhkan. Tak dipungkiri lagi, ketika berbicara dengan pelanggan terkadang kita akan berada pada posisi yang sangat sulit, hanya saja dengan kemampuan yang baik, apa pun keluhan pelanggan, kapanpun pelanggan membutuhkan pasti Anda dapat mengatasi situasi tersebut.

Kesiapan Anda dapat berujung pada peningkatan loyalitas dan kepercayaan pelanggan Anda. Itu artinya, Anda berada pada titik yang lebih jelas untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan-pelanggan Anda. Semakin banyak pelanggan yang puas, semakin besar pula kesempatan Anda untuk meningkatkan penjualan dari pelanggan-pelanggan lama yang sudah Anda miliki.

13. Memiliki manajemen waktu yang baik

Seorang sales profesional adalah mereka yang mampu mengatur waktunya untuk kepentingan pribadi, perusahaan dan pelanggan dengan baik. Mereka akan mencari jalan yang terbaik agar mereka dapat bekerja secara optimal. Sebagai contoh sederhana, ketika Anda sedang bersama pelanggan A, sedangkan pelanggan B membutuhkan Anda, maka Anda harus bisa mengatur waktu sesingkat mungkin untuk melayani kedua pelanggan tersebut. Belum lagi ketika Anda harus bertemu dengan pelanggan C dan seterusnya dalam satu hari. Tanpa jadwal yang baik Anda tidak akan bisa memuaskan mereka.

Macet, adalah alasan yang paling sering diutarakan ketika mengalami keterlambatan melakukan pertemuan dengan pelanggan. Padahal, kondisi ini dapat dihindari apabila perusahaan Anda mengimplementasikan CRM di Indonesia. Mengapa demikian? Sistem CRM yang sangat lengkap dapat memudahkan Anda mengatur jadwal dengan pelanggan.

Anda tidak perlu khawatir mengalami jadwal yang sama dengan pelanggan. Ketika pelanggan menghubungi customer service, menceritakan masalah yang dihadapi, cutomer service bisa langsung melaporkan masalah yang dihadapi oleh pelanggan tersebut kepada Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi kembali ke kantor untuk mengambil berkas laporan, cukup melihat laporan pada aplikasi CRM Mobile pada smartphone Anda, Anda sudah mengetahui semua laporan pelanggan.

Selain itu, Anda tidak perlu lagi bertanya nomor kontak pelanggan tersebut, produk apa yang pernah dibeli serta dimana alamat pelanggan. Semua sudah tersimpan dalam CRM dan Anda tinggal melihat profil pelanggan pada aplikasi tersebut. Dengan cara ini, Anda dapat bekerja dengan baik dan dapat mengatur jadwal dengan baik pula menyesuaikan jadwal Anda dengan pelanggan tersebut pada waktu terbaik yang Anda miliki.

Bagaimana dengan Anda? Apakah masih ada hal lain yang menurut Anda kurang dari artikel-artikel kami tentang karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang sales. Jika ada silakan kirimkan email Anda ke hi@sales1crm.com. Anda juga dapat menghubungi kami jika tertarik dengan CRM untuk memudahkan kinerja Anda dalam meningkatkan kepuasan pelanggan maupun untuk meningkatkan produktivitas Anda sebagai seorang sales.

Ilustrasi (C) Pixabay.com | Pexels.com